Hari Perdamaian Internasional 21 September: Sejarah, Tema, dan Kumpulan Ucapan

- 20 September 2023, 20:18 WIB
Hari Perdamaian Internasional 21 September: Sejarah, Tema, dan Kumpulan Ucapan
Hari Perdamaian Internasional 21 September: Sejarah, Tema, dan Kumpulan Ucapan /twibbonize.com/PURAKA Official/
 

Berita KBB - Kamis 21 September 2023 akan diperingati oleh seluruh dunia sebagai Hari Perdamaian Internasional (International Day of Peace). Berikut ini pembahasan tentang tema, sejarah dan kumpulan ucapan untuk memeriahkan momentum tersebut.


Mengutip laman resmi International Day of Peace, sejarah Hari Perdamaian Internasional 21 September ini dapat ditarik hingga tahun 1981, ketika Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengeluarkan resolusi 36/37.


Majelis Umum PBB menyatakan bahwa Hari Perdamaian Internasional 21 September ditujukan untuk memperingati dan memperkuat ide-ide perdamaian di dalam dan di antara semua negara dan bangsa.

 

Baca Juga: Manchester City Menang 3-1 atas Red Star Belgrade di Liga Champions


Pada tahun 2001, Majelis Umum PBB mengukuhkan tanggal dari resolusi 36/37 tersebut menjadi 21 September. Sejak saat itu, Hari Perdamaian Internasional mulai diperingati untuk mempertahankan perdamaian di atas perbedaan dan membangun budaya perdamaian.


Menurut laman resmi PBB, tema Hari Perdamaian Internasional 21 September 2023 adalah “Actions for Peace: Our Ambition for the #GlobalGoals” atau artinya “Tindakan untuk Perdamaian: Ambisi Kita untuk #TujuanGlobal”.


Dengan tema ini, para individu dan kelompok diajak untuk turut bertanggung jawab memelihara perdamaian, sehingga membantu merealisasikan Sustainable Development Goals atau tujuan pembangunan berkelanjutan, yang pada gilirannya akan menciptakan budaya perdamaian bagi semua.


Sekjen PBB Antonio Guterres menyebut bahwa perdamaian saat ini sangat dibutuhkan dibanding sebelumnya, karena konflik dan perang menyebabkan penderitaan, kelaparan, kemiskinan dan kehilangan rumah bagi belasan juta orang.


“Bahkan negara yang damai pun dicengkeram oleh ketidaksetaraan yang makin merenggang dan polarisasi politik,” demikian Guterres seperti dikutip dari laman PBB.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PBB Azquotes


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x