22 September Hari Bebas Kendaraan Bermotor: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?

- 22 September 2023, 14:09 WIB
22 September Hari Bebas Kendaraan Bermotor: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?
22 September Hari Bebas Kendaraan Bermotor: Apa, Mengapa, dan Bagaimana? /Freepik.com/freepik

 

 

BERITA KBB - Pada tanggal 22 September 2023, dunia akan kembali memperingati Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau World Car Free Day (WCFD). Tujuan dari peringatan ini adalah untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan kendaraan bermotor yang berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan.

Sejarah Hari Bebas Kendaraan Bermotor

Menurut laman United Nation Environment Programme (UNEP), ide awal dari hari bebas kendaraan bermotor berasal dari protes masyarakat di beberapa negara Eropa pada tahun 1950-an yang merasa terganggu oleh polusi udara, kebisingan, dan kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. Pada tahun 1956 dan 1957, Belanda dan Belgia menerapkan kebijakan hari bebas mobil pada setiap hari Minggu.

 Baca Juga: 21 September Hari Alzheimer Internasional 2023: Cara Mencegah atau Mengurangi Risiko Alzheimer

Pada tahun 1994, sebuah makalah ilmiah tentang pengurangan ketergantungan pada kendaraan bermotor disampaikan dalam sebuah konferensi internasional. Pada akhir era 1990-an, beberapa kota di Eropa mulai merencanakan program bebas kendaraan bermotor dengan mengadakan berbagai acara dan kampanye. Salah satunya adalah Prancis yang pada tahun 1995 melaksanakan pesta Green Transport Week yang diikuti oleh seluruh masyarakatnya.

 

Pada tahun 1997, Inggris dan Prancis melakukan kampanye nasional dengan mengangkat tema ‘In town, without my car’. Pada tahun 2000, Uni Eropa secara resmi mendukung inisiatif ini dengan menyelenggarakan European Mobility Week yang berlangsung setiap tahun pada tanggal 16-22 September. Puncak acaranya adalah pada tanggal 22 September yang ditetapkan sebagai Hari Bebas Kendaraan Bermotor Sedunia (World Car Free Day).

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah