Hari Maritim Nasional 2023: Potensi Maritim Indonesia

- 23 September 2023, 15:05 WIB
Hari Maritim Nasional 2023: Potensi Maritim Indonesia
Hari Maritim Nasional 2023: Potensi Maritim Indonesia /

 

 

BERITA KBB - Indonesia adalah negara maritim yang memiliki luas laut lebih besar dari luas daratannya. Lautan Indonesia meliputi laut sekitar, di antara, dan di dalam kepulauan Indonesia yang menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Lautan Indonesia juga memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 81.000 kilometer, yang menempatkan Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.

Lautan Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan jasa lingkungan yang sangat besar dan beragam. Potensi ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia, serta untuk menjaga kedaulatan dan keamanan nasional. Namun, potensi ini juga menghadapi berbagai tantangan dan ancaman, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Untuk itu, Indonesia perlu membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya kemaritiman bagi bangsa dan negara. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memperingati Hari Maritim Nasional (HMN) setiap tahunnya pada tanggal 23 September. Hari Maritim Nasional merupakan hari bersejarah bagi Indonesia, karena pada tanggal tersebut Presiden Soekarno menetapkan tanggal 23 September sebagai Hari Maritim Nasional pada tahun 1964, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 249 Tahun 1964.

 Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Gowes Sepeda Dapat Cinta Sabtu 23 September 2023 Pukul 12.30 WIB

Pada tahun 2023 ini, Indonesia akan memperingati Hari Maritim Nasional ke-59 dengan tema “Layar Terkembang Menuju Indonesia Maju”. Tema ini menggambarkan semangat dan tekad Indonesia untuk memajukan sektor maritim sebagai salah satu pilar pembangunan nasional. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) sebagai penyelenggara acara telah meluncurkan Bulan Literasi Maritim yang berisikan berbagai kegiatan dari berbagai deputi/kementerian/lembaga/komunitas hingga jelang acara puncak Hari Maritim Nasional.

 

Beberapa potensi ekonomi maritim Indonesia yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan antara lain adalah:

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah