Sejarah Alat Kontrasepsi: Dari Zaman Mesir Kuno Hingga Modern

- 26 September 2023, 16:27 WIB
Sejarah Alat Kontrasepsi: Dari Zaman Mesir Kuno Hingga Modern
Sejarah Alat Kontrasepsi: Dari Zaman Mesir Kuno Hingga Modern /Arief Farandhika Pratama/Subangtalk

 

BERITA KBB - Alat kontrasepsi adalah alat atau metode yang digunakan untuk mencegah atau menunda kehamilan. Alat kontrasepsi bekerja dengan cara menghambat pertemuan sel sperma dengan sel telur, menghambat pematangan sel telur, atau mengubah lingkungan rahim agar tidak kondusif bagi perkembangan embrio. Alat kontrasepsi juga dapat mencegah penularan penyakit menular seksual (PMS) seperti HIV/AIDS, sifilis, gonore, dan klamidia.

 

Alat kontrasepsi bukanlah hal yang baru dalam sejarah manusia. Sejak zaman kuno, manusia telah mencoba berbagai cara untuk mengatur kelahiran anak sesuai dengan keinginan dan kemampuan mereka. Berikut adalah sejarah perkembangan alat kontrasepsi dari zaman Mesir kuno hingga zaman modern.

 

Zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia

Kontrasepsi telah dikenal sejak zaman Mesir kuno dan Mesopotamia. Teks kuno, papyrus Kahun dari tahun 1850 sebelum masehi (SM) menjadi dokumen tertua yang mendokumentasikan tentang pengendalian kelahiran. Dokumen lainnya adalah papirus Ebers dari tahun 1550 SM.

 Baca Juga: Hari Kontrasepsi Internasional: Mengapa Penting dan Bagaimana Memperingatinya?

Kedua teks kuno tersebut mencatat penggunaan madu, daun akasia, dan serat yang ditempatkan di vagina. Ramuan tersebut berguna untuk menghalangi sperma masuk dan membuahi sel telur. Ramuan tersebut punya cara kerja mirip dengan diafragma (alat kontrasepsi sejenis kondom tapi dimasukkan pada vagina) dalam kontrasepsi modern.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x