Google Merayakan Ulang Tahun Ke-25 dengan Doodle yang Menunjukkan Perkembangannya

- 27 September 2023, 13:06 WIB
Google Doodle Meriahkan Perayaan Ulang Tahun ke-25: Menilik Jejak Perjalanan Google
Google Doodle Meriahkan Perayaan Ulang Tahun ke-25: Menilik Jejak Perjalanan Google /

 

 

BERITA KBB - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-25 dengan doodle spesial yang menampilkan logo Google yang berubah-ubah sepanjang sejarahnya. Doodle Google ini bisa dilihat di laman utama mesin pencari Google pada hari ini, Rabu, 27 September 2023. Doodle Google ini juga mengajak pengguna untuk menelusuri kembali perjalanan Google dari awal berdirinya hingga sekarang.

Google adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia yang menyediakan berbagai layanan dan produk online, seperti mesin pencari, email, browser, peta, video, dan lain-lain. Google didirikan pada 27 September 1998 oleh dua mahasiswa doktoral ilmu komputer dari Universitas Stanford, Amerika Serikat, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memiliki visi untuk menjadikan World Wide Web sebagai tempat yang lebih mudah diakses dan berguna bagi semua orang.

Awalnya, Page dan Brin membuat prototipe mesin pencari yang bernama BackRub, yang menggunakan link untuk menentukan pentingnya halaman web. Namun, nama BackRub kemudian diganti menjadi Google, yang berasal dari kata googol, yaitu istilah matematika untuk angka 1 diikuti oleh 100 nol. Nama ini mencerminkan tujuan Page dan Brin untuk mengindeks sebanyak mungkin informasi yang ada di internet.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Dioyak Cinta Nona Takoyaki, Rizky Alatas dan Adzana Bing Slamet, Tayang 14:30 WIB

Namun, saat mereka mencari investor untuk mendanai proyek mereka, ternyata ada kesalahan pengejaan nama googol menjadi Google. Nama Google pun akhirnya dipakai oleh Page dan Brin untuk mesin pencari mereka. Pada Agustus 1998, salah satu pendiri Sun Microsystems, Andy Bechtolsheim, memberikan cek sebesar 100.000 dollar AS kepada Page dan Brin. Saat itulah Google LLC resmi didirikan pada 4 September 1998.

 

Setelah mendapatkan investasi, Google mulai membangun tim baru dan memindahkan operasinya dari kamar asrama ke garasi sewaan yang menjadi kantor pertama Google. Kantor ini terletak di Menlo Park, California, dan merupakan milik Susan Wojcicki, yang kini menjabat sebagai CEO YouTube. Dari garasi inilah Google mulai berkembang dan menawarkan berbagai inovasi dan fitur baru untuk mesin pencari dan layanan lainnya.

 Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Lurah Cantik Rebutan, Fita Anggriani dan Dimas Aditya, Tayang 23:00 SCTV Primetime

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x