Panen Raya Tanaman Padi di Jabar Tambah Cadangan Beras Nasional, Ini Kata Jokowi

- 9 Oktober 2023, 07:14 WIB
Presiden Joko Widodo mengikuti panen raya padi di Desa Ciasem Girang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, pada Minggu pagi, 8 Oktober 2023.
Presiden Joko Widodo mengikuti panen raya padi di Desa Ciasem Girang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, pada Minggu pagi, 8 Oktober 2023. /

 

BERITA KBB - Panen raya tanaman padi di Jawa Barat (Jabar) menjadi kabar baik bagi cadangan beras nasional. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, panen raya yang berlangsung di sejumlah areal persawahan di Jabar menambah cadangan beras nasional di tengah fenomena El Nino yang melanda Indonesia.

“Iya, panen raya biasanya tinggi pada semester pertama, karena panen besar biasanya terjadi pada bulan-bulan puncak Maret hingga April,” kata Presiden Jokowi saat meninjau panen raya di Subang, Jawa Barat, Minggu, 8 Oktober 2023 dikutip dari Antara.

Presiden Jokowi mengatakan, panen raya saat ini sedang berlangsung di Desa Ciasem Girang, Kecamatan Ciasem, Kabupaten Subang  di tengah penurunan hasil panen  pada paruh kedua tahun ini. Presiden Jokowi pun turut berbahagia melihat panen  padi mencapai total 9 ton/hektar di lokasi ini.

 Baca Juga: Menu Sarapan Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang Perut

“Beratnya bisa mencapai 9 ton, saya lihat padat sekali  dan kita berharap dari panen ini pasokan beras bisa menambah cadangan kita,” kata Presiden Jokowi.

 

Dia mengatakan, pasokan beras dari Subang akan menambah pasokan beras nasional yang saat ini tersimpan sekitar 1,7 juta ton di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog). Presiden Jokowi memperkirakan pasokan beras nasional akan kembali meningkat menjadi sekitar 1,5 juta ton pada akhir tahun 2023.

 

Presiden Jokowi mengatakan, “Tapi itu masih belum cukup, jadi dari gudang Bulog yang ada  saat ini 1,7 juta ton, kita tambah lagi,  akhir tahun nanti sekitar 1,5 juta ton.”

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x