Sistem Sirkuler Produk Organik Salah Satu Cara Kurangi Emisi Karbon

- 9 Oktober 2023, 12:44 WIB
Sistem Sirkuler Produk Organik Salah Satu Cara Kurangi Emisi Karbon
Sistem Sirkuler Produk Organik Salah Satu Cara Kurangi Emisi Karbon /

 

 

BERITA KBB - Emisi karbon adalah salah satu penyebab utama perubahan iklim dan pemanasan global. Menurut laporan IPCC (Intergovernmental Panel on Climate Change), emisi karbon di dunia mencapai 36,8 gigaton pada tahun 2019, dan harus dikurangi sebesar 45% pada tahun 2030 untuk mencapai target suhu global 1,5°C. Untuk itu, diperlukan upaya bersama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan sistem sirkuler, yaitu suatu sistem yang memaksimalkan penggunaan material secara sirkular untuk meminimalisasi produksi limbah dengan cara memulihkan dan menggunakan kembali produk dan bahan sebanyak mungkin secara sistemik dan berulang-ulang. Sistem sirkuler dapat mengurangi emisi karbon dengan cara menghemat sumber daya, energi, dan transportasi.

Sistem sirkuler dapat diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk pertanian, perikanan, dan pangan. Contoh sistem sirkuler dalam sektor ini adalah aquaponics, yaitu suatu sistem yang menggabungkan akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah). Dalam sistem ini, air mengalir dari ikan ke tanaman dan kembali lagi. Kotoran ikan diurai oleh bakteri menjadi nitrat, yang kemudian digunakan sebagai pupuk oleh tanaman. Tanaman mengubah karbon dioksida yang dihirup ikan menjadi oksigen. Dengan demikian, sistem ini menghemat air, pupuk, dan energi.

 Baca Juga: Inter Milan vs Bologna: Skor Imbang 2-2 di Giuseppe Meazza

Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem sirkuler dalam sektor pangan adalah Eco friendly Fish, yang berlokasi di Berlin, Jerman. Perusahaan ini memelihara ikan jenis perch di dalam tangki air hujan yang difilter, dan menjual pupuk dari kompos. Ikan ini diberi makan dengan pakan vegetarian yang tidak mengandung tepung ikan atau minyak ikan, melainkan gandum, jagung, dan kedelai. Perusahaan ini menghasilkan 5 ton ikan dan setengah juta pot tanaman selasih setiap tahunnya.

 

Untuk mendistribusikan produknya, Eco friendly Fish bekerja sama dengan Food Assembly, yaitu suatu situs online yang menghubungkan pembeli dengan produsen lokal. Pembeli dapat memilih produk dan produsen yang diinginkan, dan juga tempat untuk mengambil pesanan. Segalanya diatur untuk mengurangi perjalanan dan emisi. Bagi banyak peternak skala kecil dari kawasan Berlin, ini adalah opsi tunggal untuk bisa membawa produk yang mereka jual langsung ke pelanggan.

 Baca Juga: Kasus 2 Kerangka di Depok, Korban Adalah Otaku Budaya Pop Jepang, Koleksinya Bernuansa Depresi dan Kematian

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x