Prediksi Cuaca 10-11 Oktober 2023: DKI Jakarta dan Jawa Barat Hujan, Berikut Provinsi Lainnya yang Terdampak

- 10 Oktober 2023, 07:34 WIB
Prediksi Cuaca 10-11 Oktober 2023: DKI Jakarta dan Jawa Barat Hujan, Berikut Provinsi Lainnya yang Terdampak
Prediksi Cuaca 10-11 Oktober 2023: DKI Jakarta dan Jawa Barat Hujan, Berikut Provinsi Lainnya yang Terdampak /Photo Ignartonosbg/pixabay
 

Berita KBB - Sebagian wilayah Indonesia mulai dari Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Jawa dilaporkan berpotensi diguyur hujan ringan hingga lebat dan angin kencang pada kurun 10-11 Oktober 2023.


Berdasarkan laporan peringatan dini cuaca BMKG pada Senin 9 Oktober 2023, BMKG memantau adanya sirkulasi siklonik di Laut Filipina utara Papua. Sirkulasi siklonik ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang dari Laut Sulawesi, perairan sebelah utara Maluku Utara, hingga Laut Filipina.


Laporan itu juga menyebut bahwa daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Laut Andaman, dari Selat Malaka, Kepulauan Riau hingga Riau, dari Bangka Belitung, Lampung, hingga Bengkulu, di Jawa Barat, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari di Sulawesi Tengah, di perairan sebelah utara Sulawesi Utara, dan di Papua bagian tengah.

 

Baca Juga: Link Twibbon Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 10 Oktober, Kesehatan Mental Adalah Hak Asasi Manusia Universal


Selain itu, BMKG mendeteksi peningkatan kecepatan angin melebihi 25 knot di Laut Maluku bagian utara dan perairan sebelah utara Maluku Utara, yang dapat meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.


Fenomena labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan Papua.


Provinsi mana sajakah yang diprediksi hujan dan berangin kencang dampak dari fenomena cuaca tersebut? Berikut ini peringatan dini hujan dan angin kencang 10-11 Oktober 2023 sebagaimana dikutip dari laporan BMKG.


Perlu diperhatikan bahwa data berikut hanyalah bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang terjadi sesungguhnya bisa saja berbeda.


Selasa 10 Oktober 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x