Anggap Mahasiswa Sebagai Dalang Kerusuhan, BIN Menduga Anarko Sebagai Dalangnya

- 5 November 2020, 16:37 WIB
Screenshot youtube www.youtune.com/NajwaShihab
Screenshot youtube www.youtune.com/NajwaShihab /

BERITA KBB - Pembakaran Halte transJakarta di kawasan Sarinah menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Jakarta diduga ada dalang dibaliknya.

Begitu yang disampaikan Deputi VII Bada Intelejen Negara Wawan Purwanto, saat dihubungi Najwa Shihab dalam program Mata Najwa, Rabu 4 November 2020.

Wawan mengatakan, pembakaran Halte yang terjadi pada saat demo mencabut Omnibus Law UU Cipta Kerja merupakan by design. Menurutnya, jika terjadi perusakan maka sudah masuk keranah tindak pidana.

Baca Juga: Rekaman Video CCTVnya Dipermasalahkan, Najwa Sindir Balik Dewi Tanjung Dengan Cerdas

Baca Juga: Akibat Pertumbuhan Kuartal III 2020 Tumbuh Minus 3,49 Persen, Indonesia Resmi Resesi

Wawan menyampaikan, bahwa pihaknya juga sedang mencari bukti-bukti kuat terkait orang-orang yang melakukan perusakan dan sedang melakukan olah TKP.

Saat ditanya soal dalang yang berkepentingan untuk membuat rusuh pada demo tersebut, Wawan menyebut bahwa kelompok Anarko yang membuat kerusuhan tersebut.

Menurutnya, dugaannya terhadap kelompok Anarko sudah sejak awal sudah melakukan pergerakan yang masih dengan pelemparan molotof.

Baca Juga: Duh, Sedih Lihat Kondisi Pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti: Wisata Kembali, Sampah Kembali

Baca Juga: Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Dosen di Makasar Menjadi Korban Salah Tangkap dan Pemukulan

Bukan cuma itu saja, ia menyebut, dengan menutupi identitas diri mereka dengan topi dan masker serta upaya untuk menghindari dari sorotan CCTV.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Lokataru Hais Azhar mengatakan, bahwa ia tak yakin dengan orang-orang yang melakukan pembakaran adalah pihak anarko.

Karena menurutnya, dia tak pernah melihat anggota atau orang - orang anarko memiliki bentuk badan yang berisi, bahkan lebih cenderung kurus.

Baca Juga: 'Seseorang' yang Menelepon dr Tirta Ternyata Sudah Diketahui Istri Jerinx, Nora Bahkan Bilang Begini

Baca Juga: Ini Foto-Foto Kebersamaan Sang Pemeran Al Ikatan Cinta RCTI, Arya Saloka Bersama Putri Anne, Istriny

Haris menyampaikan, bahwa ia keberatan atas narasi yang dibangun oleh salah satu pimpinan daerah yang marah-marah para pendemo yang seolah-olah bahwa pelaku perusakan adalah dari pihak demonstran.

Ia menyimpulkan, bahwa cara-cara tersebut adalah salah satu cara untuk menuduh bahwa pelaku kerusuhan atas demo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja adalah mahasiswa.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x