Lebih dari 200 Warga di 5 KM Sekitar Puncak Gunung Merapi Belum Mengungsi

- 15 November 2020, 19:06 WIB
Pemandangan Gunung Merapi.
Pemandangan Gunung Merapi. /ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho/

 

BERITA KBB- Jumlah pengungsi Gunung Merapi yang tinggal di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus bertambah dari 240 orang menjadi 272 pada Minggu 15 November 2020.

"Para pengungsi ini berasal dari empat dukuh, yaitu Dukuh Sambungrejo, Ngipiksari, Gondang, dan Sukorejo," kata Koordinator Pengungsi di Balerante Zainu di Balai Desa Balerante, seperti yang dilansir Antara Minggu 15 November 2020.

Menurut dia, empat dusun tersebut berada di kawasan rawan bencana (KRB) III, yaitu berjarak sekitar 5 kilometer (km) dari puncak gunung.

Baca Juga: Mengejutkan! Diaz Hendropriyono Sebut Ceramah Habib Rizieq Berisi Hinaan dan Kata-Kata Kotor

Baca Juga: Marah-Marah di Instagram, dr. Tirta Minta Sekolah Dibuka Jika Resepsi Anak Habib Rizieq di Izinkan

Sedangkan untuk tempat evakuasi sementara salah satunya di Balai Desa Balerante yang berjarak sekitar 9 km dari puncak Gunung Merapi.

Ia mengatakan untuk evakuasi tersebut diutamakan bagi kelompok rentan, yaitu balita, lansia, ibu hamil, dan warga yang sedang sakit.

Meski demikian, dikatakannya, ada beberapa warga yang sebetulnya tidak masuk kelompok rentan tetapi sudah ikut mengungsi karena merasa tidak nyaman dengan meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x