LIB Optimistis Liga Lanjut Desember Hingga Polri Masih Godok Izin Liga 1 2022/23, Mengapa?

- 3 Desember 2022, 06:27 WIB
Reaksi Pendukung Persebaya soal Lanjutan Liga 1 Dimulai 5 Desember 2022: Awas Kena Prank!
Reaksi Pendukung Persebaya soal Lanjutan Liga 1 Dimulai 5 Desember 2022: Awas Kena Prank! /Instagram @bonek.pedia
 
 
BERITA KBB - Para pecinta Liga 1 2022/23 tampaknya harus mengelus dada lagi. Pasalnya, kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia itu agaknya berpotensi mengalami penundaan lagi.
 
Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus berkata, pihaknya belum bisa memastikan sepak mula Liga 1 2022/23. Alhasil, tanggal 2 Desember yang muncul sebagai opsi, belum tentu terlaksana.
 
"Iya, kita tidak bisa bicara sepak mula tanggal 2, 3, 4 Desember, dan seterusnya, karena tahapan untuk melakukan verifikasi itu harus kita lalui," ujar Ferry di Mabes Polri, Selasa 29 November 2022.
 
 
Sebelum sepak mula Liga 1 2022/23 terlaksana, ada beberapa hal yang LIB mesti lakukan. 
 
Pertama, LIB harus melakukan verifikasi terhadap stadion - stadion yang rencananya akan dipakai untuk kelanjutan kompetisi nanti.
 
"Ada beberapa stadion yang saat ini belum kami dan juga pihak Kemen PUPR survei, seperti di Stadion Sultan Agung, dan juga beberapa stadion lainnya. Jadi ya tunggu itu mungkin. Ke depan, baru kita tahu kapan kick-off," ujar Ferry.
 
Selain itu, Ferry juga berujar bahwa LIB tengah berkoordinasi dengan Polri dan PUPR tentang penerapan Peraturan Polisi (Perpol) nomor 10 tahun 2022, soal pengamanan di stadion. Jika koordinasi ini tuntas, liga baru bisa terlaksana.
 
"Ada beberapa hal yang harus kita kerjakan dalam beberapa hari kedepan, terutama bersama Kepolisian, PUPR, dan Kemenkes soal verifikasi tentang beberapa tahapan penerapan Perpol 10 2022," ungkap Ferry.
 
Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Agung Setya Imam Efendi berkata, saat ini pihak kepolisian masih menggodok izin Liga 1 2022/23. 
 
 
Ada banyak hal yang harus dikonsolidasikan dengan Kementerian atau Lembaga terkait.
 
"Polri sedang memproses izin liga 1 yang akan dilaksanakan dengan sistem bubble. Peninjauan dalam verifikasi dan penilaian risiko bersama tim teknis dari Kementerian PUPR dan Kemenkes," ujar Agung.
 
Terlepas dari belum pastinya sepak mula, Ferry mengaku pihaknya optimistis Liga 1 2022/23 bisa dimulai dalam waktu dekat. 
 
Kendatipun bukan tanggal 2 Desember, dia yakin kompetisi bisa berlanjut pada Desember.
 
"Kalau melihat tahapan-tahapan tadi di rakor, kemudian antusiasme dari kepolisian, rasanya sangat dimungkinkan (Liga 1 2022/23) untuk dilaksanakan Desember ini. Tinggal tanggalnya yang belum bisa kita pastikan," ungkap Ferry.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x