Megan Rapinoe Pensiun, Legenda Sepak Bola Wanita Amerika Serikat

- 28 September 2023, 10:42 WIB
Megan Rapinoe Pensiun, Legenda Sepak Bola Wanita Amerika Serikat
Megan Rapinoe Pensiun, Legenda Sepak Bola Wanita Amerika Serikat /

 

 

BERITA KBB - Megan Rapinoe, salah satu pemain sepak bola wanita terbaik di dunia, telah mengumumkan pensiunnya pada akhir musim 2023. Ia akan mengakhiri karirnya yang gemilang dengan membela timnas Amerika Serikat di Piala Dunia Wanita 2023, yang akan digelar di Australia dan Selandia Baru.

Rapinoe, yang berusia 38 tahun, mengumumkan keputusannya melalui akun Twitter pribadinya pada 8 Juli 2023. Ia mengatakan bahwa ia merasa damai dan bersyukur atas segala hal yang telah ia capai dalam permainan yang indah ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga, rekan-rekan tim, pelatih, staf, penggemar, dan semua orang yang telah mendukungnya selama ini.

Rapinoe merupakan sosok yang kharismatik dan berpengaruh di kancah sepak bola wanita Amerika Serikat maupun dunia. Ia telah membawa timnas AS meraih dua gelar Piala Dunia Wanita pada 2015 dan 2019, serta medali emas dan perunggu di Olimpiade 2012 dan 2020. Ia juga menjadi penerima Ballon d’Or Feminin pada 2019, penghargaan tertinggi untuk pemain sepak bola wanita.

 Baca Juga: 28 September Memperingati Hari Hak Untuk Tahu Sedunia, Simak Sejarah dan Implementasinya di Indonesia

Selain itu, Rapinoe juga dikenal sebagai aktivis yang memperjuangkan kesetaraan gaji, hak-hak LGBT, dan keadilan sosial. Ia sering kali mengekspresikan pendapatnya secara tegas dan berani, bahkan sampai berkonflik dengan Presiden AS saat itu, Donald Trump, pada 2019. Ia juga menjadi salah satu pemain yang menggugat federasi sepak bola AS atas diskriminasi gaji pada 2021.

 

Rapinoe telah mencatat 199 penampilan bersama timnas AS sejak debutnya pada 2006. Ia telah mencetak 63 gol dan 73 assist, serta menjadi pemain AS ke-14 yang mencapai 200 caps. Ia akan bermain di Piala Dunia Wanita keempatnya pada 2023, setelah sebelumnya berpartisipasi pada 2011, 2015, dan 2019.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x