Ketua Umum PSSI Kota Bandung Yoko Angga Surya akan Tuntut PT PBB Karena dianggap melanggar Statuta PSSI

- 26 Desember 2023, 23:56 WIB
Ketua Umum PSSI Kota Bandung, H, Yoko Angga Surya (Instagram/@yokoanggasurya)
Ketua Umum PSSI Kota Bandung, H, Yoko Angga Surya (Instagram/@yokoanggasurya) /

BERITA KBB – Ketua Asosiasi PSSI Kota Bandung H Yoko Angga Surya menolak keras rencana PT PBB yang akan merayakan HUT Persib tanggal 5 Januari 2024, menurut keyakinannya bahwa hari jadi Persib adalah tanggal 14 Maret 1933, hal ini disampaikan Yoko dalam Surat Tertulis Nomor 584/UL/01/PSSI/BDO/XII/2023 tanggal 26 Desember 2023, yang ditujukan ke PT PBB.

“Kalau tetap hari lahir Persib dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 1919, otomatis akan Kami tuntut ke Pengadilan, dan Persib yang tahun 1933 dikembalikan kepada Kita,” ujar Yoko kepada Pers usai acara Rapat Konsolidasi PSSI Kota Bandung yang digelar di Gedung Asprov PSSI Jabar Minggu, 24 Desember 2023.

Diketahui sebelumnya perubahan hari jadi Persib dari 14 Maret 1933 menjadi 5 Januari 1919 telah diumumkan secara resmi oleh CEO PT PERSIB Bandung Bermartabat, Glenn T. Sugita, di Graha Persib Minggu, 17 Desember 2023 lalu.

Baca Juga: FTV Penghulu Ganteng Idolaque Primetime Sekarang, Angelica Simperler dan Fauzan Nasrul, Tayang 23:15 WIB SCTV

Menurut Yoko didalam suratnya, sebaiknya riset Sejarah yang sudah dilakukan dapat dikaji kembali dan disempurnakan bersama para pelaku Sejarah dan tokoh sepak bola secara Holistik, Ia memandang PT PBB telah melanggar Ketentuan Pasal 17 huruf a dan huruf g Statuta PSSI.

Mengutip keterangan M. Achwani seorang tokoh sepak bola dan mantan Sekum Persib era 1982 – 1994, pada surat Asosiasi PSSI Kota Bandung Achwani mengatakan bahwa narasi kenapa Persib ikut mendirikan PSSI tanggal 19 April 1930 sedangkan Persib berdiri tanggal 14 Maret 1933 tidak usah diteruskan, karena menurutnya Persib bukanlah pendiri PSSI, tetapi BIVB (Bandoeng Inlandsche Voetball Bond) bersama 6 Bonden kota lainnya.

“Persib memang lahir kemudian, sebagai hasil fusi antara BIVB dengan NVB (National Voetbal Bond),” kata Achwani pada acara Talk Show Konsolidasi PSSI Kota Bandung.

Achwani mengutip apa yang disampaikan oleh pelaku sejarah yakni Mang Baim (Ibrahim Iskandar), Ating Prawira Sastra, Komara Winata ketiganya pernah menjadi Ketua Umum Persib, yang dulunya pemain BIVB, bahwa berdirinya Persib pada waktu itu ditetapkan tanggal 14 Maret 1933. Hal itu disampaikannya dan dimuat dalam buku HUT Persib ke 25, 30 dan 40.

Baca Juga: Direktorat Relawan TKN Ganjar - Mahfud Melakukan Canvassing Pemilih di Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x