Kini Masyarakat Bisa Pantau dan Awasi Infrastruktur Daerah dengan Aplikasi Sipanda

- 11 September 2021, 11:17 WIB
Aplikasi Sipanda
Aplikasi Sipanda /

BERITAKBB - Salah satu tim mahasiswa Telkom University menciptakan sebuah aplikasi solutif untuk Sistem Pengaduan dan Pengawasan Insfrastruktur Daerah atau disingkat SIPANDA.

Aplikasi ini dapat membantu masyarakat serta pemerintah/instansi untuk memantau progres pembangunan infrastruktur yang sedang dan akan berlangsung.

Aplikasi ini diciptakan oleh lima mahasiswa jurusan sistem Informasi, Fakultas Rekayasa Industri dan Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro Telkom University, diantaranya Ahmad Faris Hisyam Maulana, Dea Rahman Fauzi, Muhammad Azaria Widyadhana, Nur Muhammad Fadhilah, dan Nur Rizki Rahmatulloh. Aplikasi ini dikembangkan pada bulan Mei 2021 lalu dan masih terus disempurnakan hingga saat ini.

Baca Juga: 150 Mahasiswa dari 65 Perguruan Tinggi Ikuti Seleksi XLFL

Aplikasi mobile SIPANDA yang diperuntukkan untuk warga masih tahap proses pengunggahan ke Play Store. Sedangkan untuk versi website untuk pemerintah dan kontraktor/vendor sudah bisa diakses melalui halaman sipanda.my.id.

Lalu bagaimana aplikasi ini bekerja dalam menciptakan keterbukaan informasi dalam pembangunan infrastruktur?

SIPANDA memungkinkan masyarakat untuk dapat melihat progres pembangunan infrastruktur beserta anggarannya. Selain itu dapat juga memberikan saran dan kritik terhadap pembangunannya.

Baca Juga: Kemnaker Minta Mahasiswa Polteknaker Tetap Antusias Belajar Meski di Tengah Pandemi

Bagi Pemerintah/Instansi, SIPANDA dapat dimanfaatkan untuk mengawasi progres pembangunan serta penggunaan anggaran. Pemerintah juga bisa melihat feedback dari masyarakat.

Manfaat lain yang dapat diperoleh dari hadirnya aplikasi SIPANDA ini, adalah membuat masyarakat lebih aktif serta kritis terhadap kebijakan pembangunan di sebuah daerah.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x