Rektor Unisba Edi Setiadi Ajak Civitas Akademika Kembangkan Kebiasaan dari Al-Quran, Apa Sajakah Itu?

- 22 April 2024, 10:10 WIB
Ratusan civitas akademika Unisba mengikuti acara Silaturahmi Idul Fitri 1445 H.
Ratusan civitas akademika Unisba mengikuti acara Silaturahmi Idul Fitri 1445 H. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Ratusan civitas akademika Unisba mengikuti acara Silaturahmi Idul Fitri 1445 H.

Pada sambutannya Rektor Unisba Edi Setiadi mengatakan sebagai wujud dari ketaqwaan di masa depan agar mengembangkan kebiasaan yang bersumber dari Al-Quran.

Kebiasaan tersebut yaitu saling menasehati untuk berpegang teguh kepada kebenaran (tawa shaubil haq), saling menasihati untuk bersabar (tawa shaubil shabr), saling menasihati untuk saling berkasih sayang (tawashaubilmarhamah), dan saling menolong dalam kebaikan dan dalam melaksanakan taqwa (taawanualal birri wataqwa).

Baca Juga: Unisba Amati Hilal, Pemerintah Resmi Tetapkan 1 Syawal 1445 H Besok!

“Dalam suasanaa Unisba yang terus mengembangkan sayap kebudayaannya demi kemaslahatan umat, maka sikap-sikap seperti ini merupakan rujukan utama dan diimplementasikan dalam mengelola Unisba secara bersama-sama,” kata Rektor, Senin, 22 April 2024.

Edi mengatakan tujuan utama dalam melaksanakan shaum adalah untuk menuju ketaqwaan (la allakumtattaqun).

Ketaqwaan yang berbuah amal sholih akan menghadirkan tiga macam perolehan yaitu kesejahteraan (lahum ajruhum‘indarobbihim), kedamaian berupa bebas dari ketakutan(lakhaufun‘alaihim) dan kebahagiaan (lahumyahzanun).

Baca Juga: FEB Unisba Beri Pemahaman Digitalisasi Bisnis Produk Halal Pada Pelaku Usaha

"Dengan merayakan Idul Fitri diharapkan menjadi manusia baru yang semakin sadar dengan tujuan asal penciptaan manusia yaitu beribadah dan mengabdi kepada Allah SWT," tambahnya.

Edi mengingatkan untuk menghindari perbuatan-perbuatan yang merusak apalagi yang melanggar hukum agama dan hukum nasional yang akan menjauhkan dari tujuan utama dalam membangun Unisba.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah