Hapal Alquran, Tingkatkan Prestasi Akademik Anak

- 21 Februari 2022, 11:40 WIB
Seorang siswa SD Darul Hikam diuji hapalan Al-qurannya, pada Pekan Munaqosah Al-quran, di Masjid Al-Ihsan Darul Hikam, Jalan Ir H. Djuanda, Kota Bandung, Senin, 21 Februari 2022. Kegiatan yang diikuti sebanyak 40 peserta dan dilaksanakan selama dua hari hingga Selasa, 22 Februari 2022 itu, dilaksanakan sebagai upaya menjaga kualitas hapalan peserta.
Seorang siswa SD Darul Hikam diuji hapalan Al-qurannya, pada Pekan Munaqosah Al-quran, di Masjid Al-Ihsan Darul Hikam, Jalan Ir H. Djuanda, Kota Bandung, Senin, 21 Februari 2022. Kegiatan yang diikuti sebanyak 40 peserta dan dilaksanakan selama dua hari hingga Selasa, 22 Februari 2022 itu, dilaksanakan sebagai upaya menjaga kualitas hapalan peserta. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

https://sddh.sch.idBERITA KBB - Anak penghapal Al-quran ternyata memiliki nilai prestasi akademik yang relatif baik. Hal itu dikemukakan oleh Kepala Sekolah SD 1 Darul Hikam Ruri Sundari, pada acara pembukaan kegiatan Pekan Munaqosah Al-Quran, di Masjid Al-Ihsan Darul Hikam, Jalan Ir H. Djuanda, Kota Bandung, Senin, 21 Februari 2022.

Selain itu, menurutnya anak penghapal Al-quran lebih tenang dalam menyikapi segala sesuatu dan lebih teratur dalam membagi waktu.

"Anak penghapal Al-quran itu lebih bisa membagi waktu, lebih tenang, dan alhamdulillah nilai akademiknya juga relatif baik dan prestasinya juga bagus", kata Ruri.

Baca Juga: Gerakan Urang Nulisan Alquran, Satu Juz Satu Kecamatan se-Kota Bandung

Selain orang-orang pilihan, Ruri menambahkan bahwa para penghapal Al-Quran itu akan membawa kebaikan karena bisa memberikan syafaaf bagi kedua orang tuanya di yaumil akhir kelak.

Ruri mengatakan sangat bersyukur, meski ditengah pandemi, anak-anak masih istiqamah menghapal Al-Quran.

Untuk mengikuti tahap Munaqosah itu sendiri, para peserta harus menyetorkan hapalan melalui tahapan murojaah selama dua pekan. 

Baca Juga: Polemik Bumi Bulat atau Datar, Alquran pun Menjawab

Setelah dinyatakan lulus murojaah, para siswa tersebut kemudian di uji publik dihadapan guru, orang tua, dan peserta lainnya dalam kegiatan Munaqosah yang dilaksanakan dengan standae protokol kesehatan ketat. 

Kegiatan Pekan Munaqosah Al-Quran sendiri dilaksanakan sebagai upaya menjaga kualitas hapalan Al-quran pada siswa terutama selama pandemi, dimana mereka lebih banyak menggunakan gawai dalam kehidupan sehari-harinya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x