Profil Pelajar Pancasila, Ternyata Bisa Dipelajari Lewat Dongeng!

- 17 Agustus 2022, 20:39 WIB
Bisa Dipelajari Lewat Dongeng!  Profil Pelajar Pancasila, Ternyata Bisa Dipelajari Lewat Dongeng dan menjadi kegitan menarik untuk lebih dekat dengan kurikulum merdeka.  Mengenalkan enam Profil Pelajar Pancasila kepada anak usia dini, bisa melalui dongeng.  Hal ini dapat dilakukan oleh orang tua dengan menceritakan dongeng, hingga memberi contoh secara langsung di dalam keseharian kehidupan mereka.  Potret Tema 2 Kelas 3 Dongeng
Bisa Dipelajari Lewat Dongeng! Profil Pelajar Pancasila, Ternyata Bisa Dipelajari Lewat Dongeng dan menjadi kegitan menarik untuk lebih dekat dengan kurikulum merdeka. Mengenalkan enam Profil Pelajar Pancasila kepada anak usia dini, bisa melalui dongeng. Hal ini dapat dilakukan oleh orang tua dengan menceritakan dongeng, hingga memberi contoh secara langsung di dalam keseharian kehidupan mereka. Potret Tema 2 Kelas 3 Dongeng /Nurul hidayati./Tangkapan layar buku kemdikbud tema 2 sd mi/ebook kemdikbud

BERITA KBB – Profil Pelajar Pancasila, Ternyata Bisa Dipelajari Lewat Dongeng dan menjadi kegitan menarik untuk lebih dekat dengan kurikulum merdeka.

Mengenalkan enam Profil Pelajar Pancasila kepada anak usia dini, bisa melalui dongeng.

Hal ini dapat dilakukan oleh orang tua dengan menceritakan dongeng, hingga memberi contoh secara langsung di dalam keseharian kehidupan mereka.

Sebagaimana yang dilansir BERITA KBB dari ANTARANEWS, kegiatan mendongeng tentang profil pelajar pancasila ini telah diupayakan oleh Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Seperti diadakannya Festival Generasi Pancasila yang diikuti oleh para peserta, dari berbagai jenjang usia dengan kategori peserta didik dan orang tua.

Untuk anak usia dini, festival tersebut menghadirkan Kelas Generasi Dongeng yang diikuti oleh peserta usia 2-8 tahun dengan jumlah pendaftar sebanyak 761 orang.

Pada sesi ini, pendongeng Iwan Manga membawakan cerita fabel sambil menampilkan gambar ilustrasi, ditemani dengan boneka orangutannya, Rangu, serta pakar Ayoe Sutomo, M.Psi Psikolog.

Selain dengan cara mendongeng, orang tua juga bisa mengenalkan nilai-nilai Pancasila tersebut melalui contoh yang diperlihatkan dalam keseharian mereka. Cara tersebut, menurut Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kemendikbudristek Franka Makarim, merupakan yang paling tepat mengingat usia mereka masih dini.

“Karena anak-anak saya semuanya masih kecil, keenam poin Profil Pelajar Pancasila paling dapat kita tunjukkan dengan cara kasih contoh,” kata Franka dalam acara Festival Generasi Pancasila yang diikuti secara virtual, Selasa.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x