Meningkatkan Efektivitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Pemasaran

- 25 Agustus 2022, 11:49 WIB
Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 2 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda, bertemakan “Meningkatkan Efektivitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Pemasaran”.
Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 2 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda, bertemakan “Meningkatkan Efektivitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Pemasaran”. /Gusti Intan Wijaya /

BERITA KBB - Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 2 Fakultas Ekonomi Universitas Djuanda, bertemakan “Meningkatkan Efektivitas Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Pemasaran”.

Kelompok 2 memilih dua UMKM di Desa Sukaraja untuk dijadikan tempat KKN yaitu UMKM Polipers yang berfokus di bidang kerajinan pot dari limbah diapers dan UMKM Xme Toys yang merupakan usaha yang menjual mainan edukasi anak dari kayu.

Mahasiswa/i Kelompok 2 membuat beberapa program kerja yang akan dilakukan, seperti melakukan “Pelatihan Mengenai Digital Marketing Dan Pembukuan Laporan Keuangan Pada UMKM Polipers dan Xme Toys” pada hari Jum’at, 19 Agustus 2022.

Baca Juga: Jadwal Acara MNCTV 25 Agustus 2022, Akan Tayang Suparman Reborn, Bedah Rumah Lagi Hingga Upin dan Ipin

Pada kegiatan pelatihan ini kelompok 2 memiliki beberapa pembahasan, mengenai digital marketing mereka membahas salah satu aplikasi market place yaitu shopee sebagai lapak berjualan bagi para pemilik untuk berjualan dan dua aplikasi sosial media untuk ajang promosi produk UMKM.

Dan mengenai pembukuan laporan keuangan mereka membahas laporan keuangan sederhana, dan HPP. Pelatihan ini dikemas dengan cara yang menarik dan menyenangkan, agar para pelaku UMKM juga dapat memahami pembahasan yang dijelaskan.

“Perkembangan UMKM saat ini terhambat oleh beberapa hal diantaranya pemasaran dan administrasi keuangan. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemasaran UMKM dengan menerapkan pemasaran digital serta membantu dalam menyusun laporan keuangan. Hasil kegiatan bahwa mitra mampu menyusun pelaporan keuangan sederhana dan keterampilan dalam pemasaran melalui konsep pemasaran digital melalui media sosial “ menurut pendapat Rifki Nurpadillah selaku ketua KKN kelompok 2 mengenai pelatihan digital marketing dan pembukuan laporan keuangan.

Baca Juga: Jadwal Bola Hari Ini Tanggal 25,26,27 Agustus 2022, Ada Barcelona vs Manchester City Dan Chelsea vs Leicester

“ Pelatihan digital marketing yang sudah dilakukan pada hari jumat sudah berjalan dengan baik. Untuk digital marketing yang sudah dibuatkan sudah bagus, begitu pula dengan pembukuannya. Untuk pembukuan diharapkan dapat langsung berinteraksi dengan catatan penjualan secara online.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x