20 Tahun SBM ITB Hadirkan Alumni Pemimpin Muda dengan Inisiatif Bisnis Kekinian

- 19 Januari 2024, 19:17 WIB
Dekan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Ignatius Pulung (kanan) menyerahkan penghargaan Lifetime Achievement kepada Profesor Emil Salim pada sesi Environmental, Social and Governance (ESG) Avirama Nawasena Award 2024 di Jakarta, Kamis 19 Januari 2024.
Dekan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) ITB Ignatius Pulung (kanan) menyerahkan penghargaan Lifetime Achievement kepada Profesor Emil Salim pada sesi Environmental, Social and Governance (ESG) Avirama Nawasena Award 2024 di Jakarta, Kamis 19 Januari 2024. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung yang kedua puluh, diadakan Leader's Talk dengan beragam panel pemimpin bisnis modern, di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Topik yang didiskusikan mencakup penemuan kembali paradigma kepemimpinan dalam konteks inovasi dan lanskap teknologi yang selalu berubah.

Sesi talkshow ini diawali dengan pembukaan dari Dekan SBM ITB, Prof.Dr.Ir.Ignatius Pulung Nurprasetio, M.SME.,, kemudian dilanjutkan dengan talkshow dari empat narasumber utama di bidang berbeda.

Baca Juga: Kolaborasi Pentahelix, SBM ITB Gandeng PLN Nusantara Kembangkan Kawasan Cirata

Talkshow diawali dengan moderator Ilma Aulia Zaim, dosen SBM dari Kelompok keahlian bisnis strategik dan marketing, yang menanyakan motivasi di balik bisnis mereka. Gagasan pasar khusus atau biasa disebut dengan istilah “niche market” yang dibahas oleh “Meatguy” atau Dimas Ramadhan Pangestu, menggarisbawahi pentingnya mengenali dan meraih peluang pasar eksklusif.

Penekanannya pada sektor bisnis daging menunjukkan tren yang berkembang di pasar khusus dan mendorong pemilik bisnis untuk mengambil peluang yang belum dimanfaatkan.

Sementara itu, pendiri Fatih Fashion, Fahmi Hendrawan mengatakan “Saya melihat-lihat, ada potensi besar dalam fashion pakaian muslim pria, demografinya bermanfaat untuk penargetan pasar. Yah jujur saja saya belum banyak bersentuhan dengan industri fashion, tapi aku belajar".

Baca Juga: Mahasiswa SBM ITB Praktikan Manajemen Bisnis di Ganesha Fair

dr. Tirta Hudhi, alumni MBA ITB Kampus Jakarta membahas elemen penting dari manajemen perusahaan, menyoroti nilai pengambilan keputusan berdasarkan data dan mengadopsi pola pikir yang tepat.

Menggunakan ide-ide seperti fishbone diagram dan pengambilan keputusan dengan metode SMART, pintar dalam medelegasikan tugas kepada pihak lain serta petntingnya kadang-kadang tidak melakukan apapun menjadi “nyawa” dalam melaksanakan bisnis.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x