Melalui Research Project, Pelajar SMA Mutiara Bunda Berhasil Temukan Solusi Mengurangi Limbah Sampah Plastik

- 22 Februari 2024, 23:08 WIB
Keren! Siswa SMA Mutiara Bunda Ini Hasilkan Bioplastik Dari Sisik Ikan, Solusi Tepat Kurangi Limbah Plastik
Keren! Siswa SMA Mutiara Bunda Ini Hasilkan Bioplastik Dari Sisik Ikan, Solusi Tepat Kurangi Limbah Plastik /

BERITA KBB - Plastik adalah kemasan makanan yang paling populer dan paling sering digunakan, karena memang banyak sekali keunggulannya.

Ringan tapi cukup kuat untuk menahan beban banyak, selain itu plastik juga mudah dibuat dalam berbagai ragam bentuk yang menarik dan sesuai kebutuhan.

Namun, penggunaannya telah meluas juga menjadi masalah dalam lingkungan, yakni pembuangan limbah plastik yang sulit diuraikan. Bahkan, pecahan terkecilnya yang disebut mikroplastik dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pencernaan.

Baca Juga: Jadwal Tayang Dune 2 di Bioskop Tanah Air! Film Ketiga Segera Menyusul

Tentu hal ini akan membahayakan kesehatan, sehingga muncul berbagai gejala penyakit seperti gangguan hormon, kerusakan sel, hingga kanker.

Selain itu, penumpukan sampah plastik dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan, misalnya banjir dan pencemaran ekosistem laut.

Atas keresahan tersebut, siswa SMA Mutiara Bunda kelas 11 bernama M. Hammam Kautsar, melakukan sebuah penelitian untuk menghasilkan plastik biodegradable.

Plastik biodegradable atau bioplastik adalah plastik yang dapat digunakan layaknya seperti plastik biasa, namun jauh lebih cepat hancur terurai oleh aktivitas mikroorganisme setelah habis terpakai dan dibuang ke lingkungan. Salah satu bahan untuk membuat bioplastik adalah gelatin.

Baca Juga: LINK LIVE STREAMING Stade Rennais vs AC Milan di Liga Eropa, Berikut Prediksi Skor dan Statistik

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x