Lima Kerusakan Fatal Pada Mesin Mobil Jika Terjadi Overheat, Salah Satunya Pada Blok Mesin

- 23 April 2023, 22:46 WIB
Personel Satlantas Polres Majalengka Bantu Mobil Mogok Karena Overheat di Tol Cipali
Personel Satlantas Polres Majalengka Bantu Mobil Mogok Karena Overheat di Tol Cipali /

BERITA KBB-Overheat pada mesin dapat menyebabkan kerusakan yang cukup serius pada mesin. Apalagi, jika kondisi mobil itu dipaksakan saat Libur Lebaran 2023 

Hal ini terjadi ketika suhu mesin melebihi batas yang diijinkan dan mesin tidak bisa lagi melakukan proses pendinginan secara efektif.

Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi pada mesin akibat overheat antara lain:

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bosan Saat Macet Saat Libur Lebaran 2023, Salah Satunya Dengan Bermain Game

  1. Kerusakan pada kepala silinder: Jika suhu mesin terlalu tinggi, kepala silinder dapat melar, retak, atau bahkan pecah. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran antara ruang bakar dan sistem pendingin, yang dapat mengakibatkan mesin menjadi tidak stabil atau bahkan tidak dapat berfungsi.

  2. Kerusakan pada piston dan ring piston: Overheat pada mesin dapat menyebabkan piston dan ring piston menjadi rusak, sehingga menurunkan efisiensi mesin dan bahkan menyebabkan mesin berhenti.

  3. Kerusakan pada blok mesin: Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan blok mesin menjadi bengkok atau bahkan retak. Hal ini dapat mengakibatkan kebocoran oli dan bahkan kebocoran pendingin, yang dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius pada mesin.

  4. Kerusakan pada bantalan: Jika mesin terlalu panas, minyak pelumas dalam mesin dapat menjadi teroksidasi, sehingga mengurangi kemampuan minyak pelumas untuk melumasi bantalan. Hal ini dapat mengakibatkan ausnya bantalan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya.

  5. Kerusakan pada kopling: Overheat pada mesin juga dapat menyebabkan kerusakan pada kopling, yang dapat mengurangi kemampuan mesin untuk mentransmisikan tenaga ke roda dan mengurangi performa mesin.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x