Alhamdulillah, Ikan Kini Bisa Hidup di Sungai Citarum

- 13 Januari 2021, 21:06 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Komandan Satgas Citarum Harum melakukan kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6 DAS Citarum, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu 13 Januari 2021.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Komandan Satgas Citarum Harum melakukan kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6 DAS Citarum, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu 13 Januari 2021. /Humas Jabar/Rizal

BERITA KBB - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil yang juga Komandan Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum melakukan kegiatan tebar benih ikan dan penanaman pohon di Sektor 6 Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu 13 Januari 2021.

Adapun benih ikan yang ditebar adalah lele, nila, dan patin sejumlah 2,5 ton. Sementara untuk penanaman pohon dilakukan simbolis penanaman enam bibit pohon mangga dan alpukat.

Emil berujar, Satgas Citarum Harum terus menjalankan 13 program rencana aksi untuk pencegahan, penanggulangan, hingga pemulihan, termasuk salah satunya lewat "Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon" di Jabar.

Baca Juga: Zona Merah Meningkat, Satgas Minta Daerah Untuk Evaluasi Kebijakan Penanganan

"Hari ini, kami melaksanakan inspeksi kemajuan Citarum Harum yang ambang batasnya tadi target akhir tahun adalah 'Tercemar Sedang' ternyata saat ini 'Tercemar Ringan'," ucap Emil.

"Semoga bisa menyelesaikan (program) lebih cepat dari (arahan di) Peraturan Presiden yaitu 7 tahun, mungkin dalam 2 tahun lagi bisa jauh lebih baik," tambahnya.

Penebaran benih ikan sendiri dilakukan untuk membuktikan bahwa DAS Citarum khususnya Sektor 6 sudah bisa menjadi tempat hidup bagi ikan-ikan.

Baca Juga: Ingin Turunkan Penularan, Sosialisasi Vaksin Harus Terus Dilakukan Secara Masif

"Karena sekarang sudah Tercemar Ringan, kami ingin membuktikan minimal ikan dulu bisa hidup. Suatu hari bisa melihat ikan berkembang biak dan menjadi habitat ekologi," tutur Emil.

"Setelah target ikan bisa hidup, baru manusia bisa renang. Nah, supaya tidak terjadi longsoran, dilanjutkan menanam pohon. Dari program 50 juta, sudah 20 jutaan yang tertanam di lereng gersang dan tepi sungai," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x