Akselerasi Vaksinasi, Salah Satu Ikhtiar Menuju Kota Bandung Era Endemi

- 4 Maret 2022, 20:05 WIB
Vaksinator Dinkes Kota Bandung melakukan vaksinasi door to door ke pasar-pasar. Hingga akhir Februari 2022 angka kesembuhan pasien dan angka terkonfirmasi positif terus bertambah.
Vaksinator Dinkes Kota Bandung melakukan vaksinasi door to door ke pasar-pasar. Hingga akhir Februari 2022 angka kesembuhan pasien dan angka terkonfirmasi positif terus bertambah. /Portal Bandung Timur/ hp.siswanti/

BERITA KBB - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung gencar mengikhtiarkan pandemi covid-19 berubah menjadi era endemi. Salah satu upayanya dengan mengakselerasi vaksinasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menjelaskan, dengan percepatan vaksinasi, herd immunity (kekebalan kelompok) akan terbentuk.

"Selain disiplin prokes seperti jaga jarak dan bermasker, salah satu upayanya juga dengan vaksinasi karena dengan ini bisa membentuk herd imuniti kita semua," ucap Yana pada program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Jumat 4 Maret 2022.

Baca Juga: Pemerintah Minta Vaksinasi Untuk Lansia Dipercepat

Sampai saat ini, Yana menyampaikan, sudah 15 persen masyarakat di Bandung melakukan vaksinasi booster atau dosis 3. Sedangkan untuk vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 112 persen dan dosis 2 telah menyentuh angka 100 persen.

"Ini salah satu ikhtiar kita juga. Pemerintah pusat sudah menyampaikan, tadinya jarak dari dosis 2 ke dosis 3 itu harus 6 bulan. Tapi, sekarang sudah jadi 3 bulan," jelasnya.

Jika nantinya pandemi ini bisa berubah menjadi endemi, Yana mengatakan, relaksasi (pelonggaran) aktivitas akan kembali dilakukan. Masyarakat bisa beraktivitas dengan normal seperti dulu lagi.

Baca Juga: Kasus Harian COVID-19 Jawa Barat Jadi Tertinggi Secara Nasional, Meski Tingkat Vaksinasi Juga Tinggi

"Meskipun kalau kita baca, di negara-negara luar sudah banyak yang tidak mewajibkan masker. Tapi, tentunya kita tetap harus hati-hati," ujarnya.

"Sebab, penularannya itu lewat penyebaran droplet. salah satu cara untuk kita bisa hindari ya dengan penggunaan masker," imbuh Yana.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x