Kesigapan Pemkot Bandung Tangani PMK Diapresiasi Penjual Hewan Kurban

- 29 Juni 2022, 19:47 WIB
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandunv Vaksinasi Hewan Ternak
Petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandunv Vaksinasi Hewan Ternak /Humas Kota Bandung/

BERITA KBB - Hari Raya Iduladha semakin dekat, banyak warga yang mulai mencari-cari hewan kurban yang akan dijadikan kurban nanti. Namun, saat ini sedang marak virus yang beredar dari hewan ternak yaitu virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Di Kota Bandung, setiap warga yang memiliki usaha peternakan, terutama hewan kurban, seperti kambing dan sapi, sudah diperiksa oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Termasuk melakukan vaksin untuk hewan ternak tersebut.

“Kebetulan dari pertama datang, sudah lima kali diperiksa dari petugas. Kalau (hewan ternak) disuntiknya sudah empat kali, itu suntik buat imun aja sebenarnya,” ucap pemilik As-Sunnah Farm, Nu’man Afif, Rabu 29 Juni 2022.

Baca Juga: Dirasa Kurang, Pemkot Bandung Upayakan Penambahan Vaksin PMK

Pemeriksaan yang dilakukan oleh DKPP Kota Bandung sangat sigap dalam penyelesaian kasus PMK di Kota Bandung.

“Pertama kali datang sekitar dua minggu lalu. Dan kemarin ada yang hampir kena PMK, tapi alhamdulillah langsung dengan sigap diurus sama dinas. Alhamdulillah udah sehat kembali,” tuturnya.

Perlu diketahui ada tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam proses pemeriksaan. Pertama proses pengecekkan bagian mulut, kuku, hingga semua tubuh hewan tersebut.

Baca Juga: Cegah PMK, Pemkot Bandung Vaksin 200 Hewan Ternak

PMK bisa diatasi dengan menjaga kebersihan kandang. Nu'man juga mengatakan, hewan kurban di sini selalu dirawat dan dibersihkan secara berkala.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x