Jalan Kelenteng Jadi Kawasan Tematik, Pemkot Gandeng Komunitas Tionghoa

- 24 November 2023, 15:05 WIB
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat berdiskusi bersama Komunitas Tionghoa di Balai Kota Bandung, Jumat 24 November 2023.
Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat berdiskusi bersama Komunitas Tionghoa di Balai Kota Bandung, Jumat 24 November 2023. /Istimewa /

BERITA KBB - Mengakselerasi pembangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus menggandeng sejumlah elemen masyarakat, termasuk Komunitas Tionghoa. Selain membahas mengenai pengolahan sampah, kolaborasi juga dijajaki dalam membangun trotoar tematik.

Hal tersebut disampaikan Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat berdiskusi bersama Komunitas Tionghoa di Balai Kota Bandung, Jumat 24 November 2023.

"Kita harus saling melengkapi untuk membangun Bandung yang sangat heterogen. Kita ingin membuat trotoar tematik dan membenahi permasalahan sampah bersama Komunitas Tionghoa. Butuh kolaborasi dengan masyarakat kelenteng di sana untuk beberapa wilayah yang tidak bisa diintervensi Pemkot," ungkap Bambang.

Baca Juga: Guru Damar Berkisah, Keterbatasan Bukan Penghalang untuk Wujudkan Mimpi

Ia mengatakan, rencananya trotoar tematik di Jalan Kelenteng diwujudkan pada tahun 2024 awal. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, seperti penataan PKL dan kantong-kantong parkir.

"PKL ini akan kita tata dengan solusi terbaik, jangan sampai diusir begitu saja. Kita perlu kerja bersama-sama. Kita juga perlu siapkan kantong-kantong parkir yang tepat agar tidak terjadi kekumuhan akibat parkir liar. Supaya tujuan wisata ke Jalan Klenteng ini bisa membuat nyaman siapapun yang ada di sana," paparnya.

Termasuk inovasi pengolahan sampah yang sempat dijelaskan Komunitas Tionghoa dan Duta Kampung Toleransi. Bambang menyambut antusias inovasi tersebut.

Baca Juga: Ribuan Warga Kota Bandung Gelar Istighosah dan Salat Ghaib untuk Palestina

"Ternyata Komunitas Tionghoa dan Kampung Toleransi juga sudah sering diskusi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengenai inovasi ini. Terima kasih, inovasi yang diberikan membuat saya optimis kita bisa menyelesaikan permasalah sampah dengan cepat," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x