KPK Gelar Jumpa Pers di Hotel Mason Pine, Bandung Barat Apakah Terkait Status Dugaan Korupsi Bupati Aa Umbara?

- 16 Maret 2021, 14:37 WIB
Petugas KPK mendatangi rumah Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di Lembang
Petugas KPK mendatangi rumah Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di Lembang /MUDANESIA/ Raden Bagja/MUDANESIA

BERITA KBB- Sejumlah awak media tengah menunggu adanya rencana jumpa pers yang akan dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Selasa 16 Maret 2021.

Jumpa pers ini terkait adanya dugaan kasus korupsi yang melibatkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara berserta anaknya Andri Wibawa. Belum ada kabar apakah jumpa pers ini terkait rencana pengumuman tersangka kepada sang bupati atau tidak?

Sebelumnya, pada pagi hari Selasa 16 Maret 2021, penyidik KPK telah mendatangi rumah Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Selain ke rumah Aa, KPK  juga mendatangi rumah anak Aa Umbara, Andri Wibawa.

Baca Juga: Setelah Sempat Dipanggil Beberapa Kali, Bupati Bandung Barat Aa Umbara Didatangi oleh KPK di Kediamannya

Baca Juga: Rizal Ramli Prediksikan Indonesia Bisa Bubar Jika Masa Bakti Presiden RI Menjadi 3 Periode

Rumah Andri Wibawa, letaknya berdekatan dengan rumah Aa Umbara.

Setidaknya ada 3 rumah di lingkungan yang sama yang didatangi oleh petugas KPK. Bahkan, dikabarkan kantor Bupati Bandung Barat pun turut didatangi.

Berdasarkan pada berita yang telah tayang di Mudanesia.com dengan judul Tok Tok! Rumah Bupati Bandung Barat dan Anaknya Diketuk Petugas KPK, Ada Apa ya? di lokasi, di luar rumah utama kediaman Bupati, di dalam gang ada 3 bangunan rumah yang jaraknya berdekatan.

Rencana jumpa pers yang dilakukan KPK di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan
Rencana jumpa pers yang dilakukan KPK di Hotel Mason Pine, Kota Baru Parahyangan Berita KBB


Petugas kemudian memasuki ke rumah yang sempat ditinggali Andri. Berikutnya petugas masuk juga ke rumah yang dulu ditinggali Aa Umbara.

Baca Juga: Vincenzo Menerima Kritik Keras dari Netizen setelah Episode ke 8 Tayang, Ada Apa ya

Baca Juga: BTS Tidak Menang di Grammy Award, Begini Reaksi Netizen Korea

Petugas sempat akan masuk ke rumah yang lain. Tapi saat diketuk pintu utamanya, tidak juga dibuka. Petugas lalu mengelilingi rumah dan menemukan ada pintu juga di bagian belakang rumah.

Sayangnya saat diketuk, tidak ada juga jawaban. Dengan demikian, ada 4 rumah yang didatangi oleh petugas tapi hanya 1 rumah yang tidak dibukakan pintu.

Aa Umbara sempat dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa kali.

Namun, KPK belum memberikan penjelasan kasus yang menjerat Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. KPK mengatakan masih menindaklanjuti laporan dari masyarakat terkait dugaan kasus korupsi dimaksud.

Baca Juga: Reaksi ARMY setelah BTS Gagal Meraih Duo Grup Pop Terbaik di Grammy Awards, We Proud of You Bangtan

Baca Juga: Sinopsis dan Pemeran FTV RCTI Pacar Kesayangan Tante, Ada Aktor Eza Gionino Hingga Sissy Firman Sebagai Tante

Akan tetapi hari ini, Selasa, 16 Maret 2021 tampak sejumlah petugas yang memakai rompi KPK mendatangi kediaman Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna di Jalan Murhadi, Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Beberapa petugas yang mengenakan rompi KPK mengecek rumah bupati dan beberapa rumah lainnya. Menyusuri gang sempit, petugas didampingi anggota kepolisian.

Besar kemungkinan, pemeriksaan ke lapangan ini ada kaitannya dengan pemanggilan dan pemeriksaan KPK terhadap bupati beberapa waktu lalu.

Hingga artikel ini ditayangkan, belum ada klarifikasi dari petugas KPK yang mendatangi rumah bupati. Demikian juga dari Bupati Bandung Barat Aa Umbara.

Kali pertama Aa Umbara dipanggil dan diperiksa oleh KPK pada November 2021. Pemanggilan itu terjadi malah sebelum Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna ditangkap KPK.

Sebanyak dua kali Aa Umbara diperiksa oleh KPK. Dalam dua kali pemanggilan, Aa Umbara diperiksa KPK di Jakarta dan di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat di Cibeureum, Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: Mudanesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah