Kebakaran TPS Sarimukti KBB Terjadi Berhari-hari, DPKP KBB Instruksikan Buat Parit Pemutus Api

- 22 Agustus 2023, 20:44 WIB
Kepulan asap dampak dari kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat yang masih dilakukan pemadaman hari ini Selasa, 22 Agustus 2023.
Kepulan asap dampak dari kebakaran di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat yang masih dilakukan pemadaman hari ini Selasa, 22 Agustus 2023. /Damkar Kabupaten Bandung/



BERITA KBB- Kebakaran terjadi di Kabupaten Bandung Barat tepatnya di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat.

Api melalap gunungan sampah tersebut sejak Sabtu sampai Senin 21 Agustus 2023 malam. Menurut informasi sebelumnya api sempat padam.

Namun tak lama dari itu, api kembali berkobar hingga membuat kepulan asap membumbung tinggi.

Baca Juga: Peringati HUT ke-78 RI, Pelajar SMP Darul Hikam unjuk Kreativitas

Terutama menerjang ratusan rumah warga di Desa Sarimukti RW 13, 15, 2, 3,4 dan 5 dan membuat kawasan sekitar terjebak asap.

Hingga masyarakatpun memilih untuk keluar rumah, karena asap pastinya masuk ke dalam rumah sehingga membuat sulit bernapas dan mata perih.

Dampak lainnya dari kebarakan tempat pembuangan sampah ini, mengakibatkan jarak pandang menuju jl. Raya Cipatat-Cipendeuy terhalang asap yang tebal.

Baca Juga: Jawa Barat dan Banten Berpotensi Hujan dan Angin Kencang, Simak Peringatan Dini Cuaca 23-24 Agustus 2023

Untuk mengantisipasi kobaran api semakin meluas, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Bandung Barat yakni Siti Aminah Anshoriah menginstruksikan agar petugas pemadam dan pengelola TPA harus membuat parit pemutus api.

“Kita terus lakukan pemantauan. Upaya terakhir yang kita lakukan adalah membuat parit agar api tidak menjalar lebih lebih. Kemarin parit itu dibuat oleh alat berat dari pengelola TPA,” ujarnya.

Selain sampah yang terbakar habis, satu unit alat berat yang juga digunakan untuk memadamkan api ternyata turut ludes terbakar

.*** 

 
 
 

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x