Menuju Pelaku Ekraf Go Digital, Sodik Mudjahid Ajak Pelaku Usaha Tingkatkan Inovasi dan Kolaborasi

- 13 Juli 2022, 13:08 WIB
Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid saat membuka Bimbingan Teknis Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Go Digital, di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung  Senin, 11 Juli 2022.
Anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid saat membuka Bimbingan Teknis Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Go Digital, di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung Senin, 11 Juli 2022. /Ade Bayi Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Dengan kreatifitas manusia bisa mengimani perubahan hari perhari, minggu perminggu, bulan perbulan, dengan kreatifitas juga manusia bisa berkarya dan bisa lebih sejahtera.

Hal itu dikatakan anggota Komisi X DPR RI Sodik Mudjahid saat membuka Bimbingan Teknis Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Go Digital, di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung  Senin, 11 Juli 2022.

Sodik mengatakan bahwa berdasarkan data yang ada dari populasi dunia sebesar 7,83 miliar pada awal tahun 2022, pengguna ponsel mencapai 5,22 miliar atau total setara dengan 66,6 persen dari total populasi dunia.

Baca Juga: Ditutup Ridwan Kamil, Connecti:City 2022 Hasilkan Rekomendasi Pengembangan Ekraf Pascakrisis

"Pengguna internet capai 4,66 miliar orang, naik sekitar 316  juta atau 7, 3 persen sejak Januari 2020" kata Sodik.

Dari data tersebut Sodik mengungkapkan bahwa potensi pasar untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif sangatlah besar, terlebih pengguna sosial media mencapai 4,20 miliar pada tahun 2021.

Sodik pun menambahkan bahwa pelaku ekonomi kreatif harus mulai mendigitalkan produknya, karena inovasi, kolaborasi, dan digitalisasi menjadi faktor pendukung berkembangnya pelaku usaha ekonomi kreatif.

Baca Juga: Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Jabar Selatan Lewat Pengembangan Potensi Ekraf

"Pengguna sosial media mencapai 4,20 miliar pada tahun 2021. Tumbuh 970 juta selama 12 bulan terakhir. Jumlanya 53 persen dari total populasi, bayangkan betapa besarnya pasar untuk pelaku usaha ekonomi kreatif memasarkan produknya, " ujar Sodik.

Kebiasaan orang Indonesia mengakses sosial media pun menjadi salah sati faktor tingginya kesempatan pelaku usaha kreatif bangkit dan berkembang di era transisi menuju endemi ini.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x