Hati-Hati Gula Darah Meroket, 3 Olahan Buah yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

- 9 Desember 2020, 06:55 WIB
Ilustrasi buah.*
Ilustrasi buah.* /silviarita/pixabay

BERITA KBB – Memakan buah segar memanglah sehat, namun bagi penderita diabetes, makan buah bisa saja menjadi palateka.

Pasalnya jika penderita diabetes mengonsumi buah tanpa memperhatikan porsi, maka kemungkinan dula darah naik dan meroket bisa saja terjadi.

Untuk itu bagi para penderita diabetes diusahakan untuk memperhatikan porsi dalam memakan buah dan jenisnya.

Selain harus memperhatikan porsi saat memakan buah, penderita diabetes juga alangkah baiknya untuk menghindari produk-produk olahan buah.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Libra, Scorpio dan Sagitarius Hari Ini Rabu 9 Desember 2020

Lantaran, buah yang telah melalui proses pengolahan sedemikian rupa seperti buah kering, jus buah dan lainnya kemungkinan selalu ditambah gula dan jelas ini bisa berisiko bagi penderita diabetes.

Selain itu, proses olahan pengeringan buah yaitu dengan mengeringkan kadar air dari dalam buah, sehingga menyisakan kadar gula dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Tak hanya olahan buah yang harus diperhatikan konsumsinya, penderita diabetes juga harus memerhatikan peringkat indeks glikemik (GI) buah segar.

Buah segar dengan GI tinggi diatas 55, maka tergolong buah yang cepat meningkatkan kadar gula dalam darah, sedangkan buah segar dengan GI rendah dibawah 50 tidak akan mempercepat kenaikan kadar gula darah dan termasuk buah yang aman dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Syamsul Maarif

Sumber: Ringtimesbanyuwangi.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x