Kemenkes Meminta Masyarakat Waspada Hepatitis Akut Pada Anak, Sudah 3 Pasien Anak Meninggal

- 3 Mei 2022, 12:39 WIB
Ilustrasi hepatitis akut misterius.
Ilustrasi hepatitis akut misterius. /Pixabay/mohamed_hassan/

 

 

Berita KBB- Senin, 2 Mei 2022, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) menerbitkan surat edaran agar masyarakat waspada terhadap penyakit hepatitis akut pada anak.

Kemenkes menyebutkan sudah ada tiga pasien anak dengan hepatitis akut yang meninggal dunia di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo, Jakarta.

Ketiga pasien merupakan pasien rujukan dari rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya.

Baca Juga: Sepelekan Gugatan Johnny Depp Terhadap Amber Heard, Drew Barrymore Minta Maaf

Dilansir di website kemenkes, gejala yang ditemukan pada ketiga pasien di Indonesia adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran.

Kemenkes mengaku telah meningkatkan kewaspadaan dua minggu terakhir setelah Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut yang menyerang anak.

Saat ini, Kemenkes sedang berusaha untuk menemukan penyebab kejadian hepatitis akut ini. Salah satu upayanya adalah pemeriksaan panel virus secara lengkap dan penyelidikan epidemiologi lebih lanjut.

Baca Juga: Makna Minal Aidin Wal Faizin, Bukan Mohon Maaf Lahir dan Batin, Lantas Mengapa Bersandingan? Berikut Penjelas

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Sehat Negeriku


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x