Apakah Boleh Berhubungan Intim Setelah Setelah Haid Tuntas Tapi Belum Mandi Wajib? SIMAK Penjelasannya Disini

- 30 Agustus 2022, 15:46 WIB
Apakah Boleh Berhubungan Intim Setelah Setelah Haid Tuntas Tapi Belum Mandi Wajib? SIMAK Penjelasannya Disini
Apakah Boleh Berhubungan Intim Setelah Setelah Haid Tuntas Tapi Belum Mandi Wajib? SIMAK Penjelasannya Disini /

 

BERITA KBB-  Setelah seorang istri tuntas masa haid, sang suami yang memiliki libido tinggi bisa saja meminta kepada pasangan hidupnya itu untuk langsung berhubungan intim. Padahal sang istri belum keramas atau mandi wajib setelah haid.

Hal seperti itu bisa saja menjadi dilema bagi sang istri. Satu sisi ogah menolak suami karena takut dosa, sisi lainnya merasa dirinya belum bersih. Lalu bagaimana?

Pada dasarnya, hubungan intim terlarang dilakukan saat seorang wanita masih dalam masa haid.

Baca Juga: Download Lagu MP3 TERBARU 2022 Gratis dan Cepat Bukan di MP3Juice atau Gudang Lagu Stafaband

Allah SWT berfirman, "Dan mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang haid, katakanlah “itu adalah sesuatu yang kotor”, karena itu jauhilah istri pada waktu haid, dan jangan kamu dekati mereka sebelum mereka suci, apabila mereka telah suci, campurilah mereka…” (QS. Al-Baqarah: 222).

Al Hafizh Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “dan (Allah SWT) melarang untuk mendekati mereka (para istri) dengan melakukan jima’ (hubungan badan) selama haid masih ada, dan bisa dipahami bahwa: jika haid telah selesai maka kembali menjadi halal”. (Tafsir Al-Qur’an Al-Azhim: 1/439).

Setelah selesai masa haid dan berhenti darahnya, maka seorang wanita diwajibkan untuk melakukan mandi untuk menyucikan dirinya. Agar ia kembali bisa melakukan kewajiban-kewajiban yang telah ditinggalkan selama masa haid, seperti sholat, puasa, dan melayani suaminya dengan berhubungan badan.

Baca Juga: Rekonstruksi Ulang, Peran Bharada E Digantikan Penyidik Saat Bertemu Ferdy Sambo LPSK: Demi Keamanan Bharada E

Maka mayoritas para ulama seperti Mazhab Maliki, Mazhab Syafi’I, Mazhab Hambali dan lainnya menjadikan mandi wajib setelah haid sebagai syarat dibolehkannya melakukan hubungan intim.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x