Rutin Minum Kopi? Awas Jangan Sampai Ketagihan, Berikut Efek Sampingnya Selain Maag dan Susah Tidur

- 1 Februari 2023, 11:14 WIB
Ilustrasi kopi -. Rutin Minum Kopi? Awas Jangan Sampai Ketagihan, Berikut Efek Sampingnya Selain Maag dan Susah Tidur
Ilustrasi kopi -. Rutin Minum Kopi? Awas Jangan Sampai Ketagihan, Berikut Efek Sampingnya Selain Maag dan Susah Tidur /Pixabay/Akyurt from
 
 

BeritaKBB - Kopi menjadi salah satu minuman yang populer diseruput di seluruh penjuru dunia. Ketika baru bangun tidur atau akan memulai pekerjaan, segelas kopi seolah wajib berada di meja dan samping laptop untuk menemani awal aktivitas harian.

Bagi kebanyakan orang, kopi amat ampuh untuk membuat badan dan pikiran segar, sehingga dapat memulai aktivitas dengan semangat dan penuh energi. Tidak dapat dipungkiri, hanya dengan menghirup aromanya yang teriring kepulan uap hangat, mood seakan-akan langsung meningkat.

Secara ilmiah, memang betul bahwa kopi dapat meningkatkan kewaspadaan, mood, waktu reaksi, perhatian, dan menyerap hal-hal yang tengah dipelajari. Hal ini berkat satu kandungan utama yang terdapat dalam kopi, yakni kafein.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV SCTV Sekali Payung Semua Cinta Terlampaui, Tayang Hari Ini dan Dibintangi Emyr Razan

Kafein, Zat Di Balik Rasa Segar Saat Minum Kopi


Seperti BeritaKBB kutip dari Healthline, kafein mempengaruhi sistem syaraf pusat di dalam otak dengan melepas hormon noradrenalin, dopamin, dan serotonin. Diyakini, rasa segar saat minum kopi itu didapatkan dari interaksi kafein mencegah reseptor adenosin, neotransmiter yang menstimulasi rasa kantuk, untuk memperlambat aktivitas syaraf.


Namun, seiring rutinnya mengkonsumsi kafein yang terkandung dalam kopi, lama kelamaan tubuh akan akan membangun toleransi terhadap kafein. Artinya, seiring waktu, minum segelas kopi saja tidak akan mempan untuk mencegah kantuk.


Dengan begitu, ketika efek positif dari kopi sudah hilang, orang mungkin akan membuat secangkir kopi lagi, lagi dan lagi dalam sehari. Tentu saja, berdasarkan paparan di atas, toleransi akan kafein makin cepat terbentuk dan kopi dirasa sudah tidak jitu lagi untuk menjadi teman beraktivitas.


Tidak hanya itu, jika pada siang atau sore hari seseorang masih meminum segelas kopi, ada kemungkinan waktu dan kualitas tidurnya akan terpengaruh. Sehingga alih-alih mengurangi rasa lelah, kafein dalam kopi justru membuat kehilangan tidur dan berdampak buruk pada fungsi otak secara menyeluruh.


Menurut Food and Drug Administration (FDA), batas aman minum kopi bagi orang dewasa adalah 4-5 cangkir atau sekitar 400 mg kafein per hari. Jika sedang hamil atau ingin hamil, menyusui, atau sedang meminum obat, ada baiknya konsultasi dengan dokter sebelum nyeruput segelas kopi.

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Rabu, 1 Februari 2023, Rindu Bukan Rindu Raih Rating Terbaik di Slotnya

Manfaat Minum Kopi

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Heatlhline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x