YouTube Luncurkan Fitur Dubbing Audio Dalam Berbagai Bahasa, Begini Syarat Mendapatkannya Untuk Konten Kreator

- 24 Februari 2023, 12:44 WIB
ilustrasi YouTube
ilustrasi YouTube /Pixabay
 

Berita KBB - Raksasa layanan berbagi video YouTube meluncurkan fitur bagi para konten kreator untuk menambah sulih suara atau dubbing audio pada konten videonya dalam beberapa bahasa, Kamis 23 Februari 2023.

Fitur ini diharapkan membantu para konten kreator mempopulerkan videonya ke khalayak internasional. Di sisi lain, fitur dubbing multibahasa ini juga membantu YouTube memperluas jangkauan video-videonya yang ada.

Dilansir TechCrunch, YouTube mengatakan bahwa teknologi dubbing audio multibahasa ini dikembangkan sendiri, tapi konten kreator yang ingin menambahkan dubbing ke videonya, harus bekerjasama dengan penyedia sulih suara pihak ketiga untuk membuat trek audio.

Baca Juga: Cobain! 5 Resep Kopi dengan Twist Anti Mainstream yang Buat Minumanmu Tambah Bernutrisi, Ada Kopi Campur Jamur

Ketika proses dubbing sudah selesai, maka audio bisa langsung ditambahkan ke video-video yang diinginkan. Nantinya, penonton bisa memilih sendiri dubbing bahasa yang tersedia. Konten kreator pun bebas mau mengunggah sulih suara bahasa apapun.


Saat diujicoba dengan beberapa orang konten kreator, fitur dubbing audio multibahasa ini diterapkan pada lebih dari 3.500 video yang diupload dalam lebih dari 40 bahasa. Bulan lalu,, 15 persen tayangan berasal dari penonton yang menggunakan dubbing bahasa lain.


Salah satu konten kreator yang berkesempatan mencoba fitur dubbing audio multibahasa ini adalah MrBeast. MrBeast yang memiliki 130 juta subscribers di seluruh dunia ini, melakukan sulih suara pada 11 video terlarisnya dalam 11 bahasa.


Menurut Jimmy Donaldson, sang pemilik kanal MrBeast, lebih mudah untuk mengunggah trek audio dalam berbagai bahasa dibandingkan membuat dan mengelola beberapa kanal dalam bahasa yang berbeda.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Gratis Tanpa Ribet Convert Video YouTube Jadi Audio di Y2Mate, YTMP3, MP3Juice dan Metrolagu

“Lebih gampang untuk jalankan 1 kanal daripada 12, kamu harus bikin 12 thumbnail yang berbeda. Kamu harus membalas komen 12, upload juga di 12 kanal. Lebih gampang dibuat di satu tempat saja. Juga penggemar lebih dimudahkan,” ujarnya.


Menurut YouTube, pada bulan Januari sendiri, para penonton menyaksikan lebih dari 2 juta jam video yang disulih suara tiap harinya. Awalnya, fitur ini hanya didukung pada konten berdurasi panjang, tapi mereka sudah mengujicobakan fitur tersebut pada YouTube Shorts.


Setelah peluncurannya, ribuan konten kreator lainnya akan dapat mengakses fitur dubbing ini. Saat ini, opsi untuk mengatur trek audio konten akan diluncurkan di seluruh dunia kepada semua layanan YouTube di desktop, smartphone, tablet, dan TV.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Techcrunch


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x