Jarang Buka Media Sosial Bikin Citra Tubuh Kamu Lebih Keren dan Anti Insecure, Begini Penjelasannya

- 8 Maret 2023, 14:22 WIB
Media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi
Media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi /pixabay/

Berita KBB - Sering merasa insecure sama penampilan diri sendiri, padahal kenyataannya tidak seburuk itu? Mungkin kamu terlalu banyak buka media sosial. Coba mulai hari ini kurangi membuka Instagram Twitter dan sebagainya, dan dijamin rasa pede kembali lagi.

Menurut sebuah penelitian, dengan mengurangi penggunaan media sosial sebanyak separuh dari biasanya selama beberapa minggu, maka rasa kepercayaan diri terhadap penampilan mereka berangsur-angsur kembali lagi.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychology of Popular Media itu, anak-anak muda yang mengurangi penggunaan media sosial merasa lebih baik dalam masalah penampilan dan berat badan.

Baca Juga: Sinopsis Suami Pengganti 8 Maret 2023, Dante Amnesia, Bagaimana Respon Celine?

Gary Goldfield, penanggung jawab penelitian tersebut, mengemukakan bahwa masa remaja adalah masa yang paling rentan akan timbulnya masalah citra tubuh, kelainan makan dan masalah mental.

Menurutnya, anak remaja rata-rata menghabiskan waktu antara 6-8 jam per hari untuk mengakses media sosial mereka. Dalam media sosial itu, mereka cenderung melihat ratusan foto dari akun-akun selebriti dan model-model fashion atau kebugaran.

“Hal itu menyebabkan internalisasi standar kecantikan yang hampir sulit dicapai hampir setiap orang, yang berimbas pada ketidakpuasan akan bentuk dan berat badan,” ujar Goldfield, seperti dikutip Healthline, Rabu 8 Maret 2023.

Baca Juga: AI ChatGPT Mulai Merambah ke Dunia Coding, Semua Orang Bisa Bikin Aplikasi Sendiri Tanpa Perlu Belajar Dulu

Lanjutnya, mengurangi penggunaan media sosial adalah cara paling gampang untuk menciptakan efek positif jangka pendek terhadap citra tubuh, dan mesti dievaluasi sebagai komponen yang penting untuk menangani gangguan yang berkaitan dengan citra tubuh.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x