AI ChatGPT Mulai Merambah ke Dunia Coding, Semua Orang Bisa Bikin Aplikasi Sendiri Tanpa Perlu Belajar Dulu

- 8 Maret 2023, 12:46 WIB
ChatGPT adalah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Amerika OpenAI
ChatGPT adalah aplikasi perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi Amerika OpenAI /
 

Berita KBB - Ingin belajar membuat aplikasi tapi belum bisa coding? Jangan khawatir, kini membuat aplikasi tidak hanya eksklusif bagi mereka yang jago merangkai kode ajaib. Teknologi AI pun kini mulai merambah ke dunia coding dan pembuatan aplikasi.

Raksasa teknologi komputer asal Amerika Serikat, Microsoft dikabarkan telah mengintegrasikan teknologi AI yang diadopsi ChatGPT ke dalam tools mereka yang bernama Power Platform.

Pergerakan ini dilakukan Microsoft beberapa minggu setelah berhasil mengintegrasikan AI ke dalam mesin pencarian Bing. Hal ini menunjukkan, perusahaan yang didirikan Bill Gates itu semakin berfokus pada pengimplementasian kecerdasan buatan dalam produknya.

Baca Juga: Setelah Amerika Serikat, Kini Giliran Jerman yang Ultimatum Cekal Jaringan 5G Huawei, Apa Alasannya?

Dilansir Business Today, Rabu 8 Maret 2023, dengan integrasi teknologi AI ChatGPT ke dalam Power Platform, pengguna yang masih pemula dalam dunia coding atau bahkan tidak berpengalaman, bisa membuat aplikasi sendiri.


Kecerdasan buatan ChatGPT yang diadopsi Microsoft ini akan melakukan semua alur kerja, pengumpulan dan analisis data, dan membuat kampanye email terkait pembuatan aplikasi. Pengguna pun dapat membuat berbagai macam aplikasi dengan mudah karenanya.


Selain Power Platform, Microsoft juga mulai mengimplementasikan kecerdasan buatan pada berbagai produk lainnya. Sebut di antaranya Power Virtual Agent, peralatan membuat chatbot yang dirancang untuk dunia bisnis.


Power Virtual Agent dapat terhubung pada sumber daya internal perusahaan untuk membuat ringkasan laporan mingguan dan pertanyaan pelanggan.

Baca Juga: Waspada Bahaya Leptospirosis: Bakteri dari Urine Hewan yang sebabkan Kematian

Tidak cukup sampai di situ, ada juga AI Builder yang bisa mengotomatisasi alur kerja dan sudah diperbarui dengan AI generatif. Hal ini menyangkut survei tren bisnis Microsoft, di mana 9 dari 10 karyawan ingin menggunakan AI untuk pekerjaan yang repetitif.


Kemudian, Microsoft juga meluncurkan versi baru dari platform manajemen bisnisnya, Dynamics 365 Copilot, yang mengintegrasikan kecerdasan buatan untuk melakukan berbagai tugas secara otomatis.


Dengan kehadiran Dynamics 365 Copilot ini, diharapkan perusahaan-perusahaan dapat memberikan peralatan AI yang dirancang untuk penjualan, servis, marketing, operasi dan rantai pasokan.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Bussines Today


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x