Vape vs Rokok Tembakau, Manakah yang Lebih Mematikan Bagi Tubuh? Berikut Head to Head-nya

- 8 Maret 2023, 15:20 WIB
Berikut perbandingan risiko bahaya antara rokok tembakau dan vape.
Berikut perbandingan risiko bahaya antara rokok tembakau dan vape. /pixabay.com/

Berita KBB - Vape atau rokok elektrik adalah salah satu alternatif merokok yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Berbeda dari rokok biasa yang menggunakan tembakau dan campuran lain yang dibakar, vape menggunakan liquid dengan beragam varian rasa.

Tidak menggunakan tembakau yang artinya tidak mengandung tar, apakah rokok elektrik lebih aman dari rokok tembakau, sama saja, atau justru lebih berbahaya? Mari kita bahas dalam artikel berikut ini.

Dilansir Healthline pada Rabu 8 Maret 2023, perbandingan risiko antara vape dan rokok tembakau sudah lama menjadi perdebatan di kalangan ahli kesehatan.

Baca Juga: FPHJ : Usut Tuntas Kerusakan Lingkungan Akibat Event Trail Di Ranca Upas

Vape memang tidak mengandung tar karena tidak memakai tembakau. Namun, pada tahun 2019 lalu, jumlah penderita gangguan paru-paru akibat penggunaan rokok elektrik justru meningkat drastis.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, beberapa ahli beranggapan bahwa vaping lebih aman daripada rokok tembakau. Namun bukan berarti rokok elektrik ini tidak berbahaya, meskipun efek jangka panjangnya masih belum jelas.

Terkait risiko kesehatan, vape dan rokok tembakau memiliki bahaya yang sama. Keduanya sama-sama mengiritasi pernafasan dan paru-paru, yang dapat berdampak terhadap masalah kesehatan terkait paru-paru, seperti asma, bronkitis kronis, dan emfisema.

Baca Juga: Jarang Buka Media Sosial Bikin Citra Tubuh Kamu Lebih Keren dan Anti Insecure, Begini Penjelasannya

Selain itu, dalam sebuah penelitian pada 2020 lalu, pengguna rokok elektrik memiliki 40 persen lebih tinggi peluang untuk memiliki masalah pernafasan dibandingkan mereka yang tidak vaping atau tidak merokok sama sekali.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x