PAM Jaya Distribusikan Air Siap Minum dari Sungai Ciliwung Mulai 2023

- 8 Maret 2023, 12:44 WIB
Komitmen air siap minum ini bakal direalisasikan sejalan dibangunnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sungai Ciliwung
Komitmen air siap minum ini bakal direalisasikan sejalan dibangunnya Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sungai Ciliwung /foto ant



Berita KBB – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) PAM Jaya pastikan air siap minum terdistribusi untuk sebagian warga DKI Jakarta per tahun 2023 yang bersumber dari Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sungai Ciliwung di wilayah Jakarta Selatan.

Sebagian warga DKI Jakarta yang dapat mengonsumsi air siap minum ini di antaranya, di Kelurahan Rawa Jati, Kelurahan Pancoran, Kelurahan Duren Tiga, Kelurahan Cikoko, dan Kelurahan Pejaten Timur.

Syahrul Hasan selaku Direktur Pelayanan PAM Jaya mengonfirmasi berita tersebut, dan menyebut bahwa pengekstraksi air Sungai Ciliwung dengan kapasitas 200 liter per detik (LPS) ini merupakan kali pertama.

Baca Juga: Setelah Amerika Serikat, Kini Giliran Jerman yang Ultimatum Cekal Jaringan 5G Huawei, Apa Alasannya?

Dia mengatakan air yang telah diolah itu tidak lantas bisa langsung diminum, melainkan harus tetap dimasak terlebih dahulu.

Meski demikian, Syahrul mengupayakan agar air yang diolah dapat siap minum karena menggunakan instalasi pipa baru, mengganti pipa yang sebelumnya terkontaminasi bakteri E.Coli.

Baca Juga: Waspada Bahaya Leptospirosis: Bakteri dari Urine Hewan yang sebabkan Kematian

Saat ini, PAM Jaya memiliki pipa di bawah kaki warga Jakarta sepanjang 12.000 Km, usia pipa tersebut bahkan diperkirakan mencapai 100 tahun.

Diketahui, PAM Jaya terus berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah pusat agar dapat menyuplai air siap minum hingga ke 150.000 orang atau kurang lebih 15.000 sambungan rumah, sebagaimana Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 492 Tahun 2020 tentang Persyaratan Kualitas.***


 



  

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x