Ngeri Dengar Cerita Orang Tertipu Saat Belanja Online, Amalkan Tips Ini Agar Tak Alami Kejadian Serupa

- 28 Juli 2023, 12:53 WIB
Ilustrasi belanja online. Ngeri Dengar Cerita Orang Tertipu Saat Belanja Online, Amalkan Tips Ini Agar Tak Alami Kejadian Serupa
Ilustrasi belanja online. Ngeri Dengar Cerita Orang Tertipu Saat Belanja Online, Amalkan Tips Ini Agar Tak Alami Kejadian Serupa /Pixabay/Mohamed_hassan/
 

Berita KBB- Kemajuan teknologi hadir dengan memberikan kenyamanan bagi hampir sebagian besar penduduk dunia. Di samping manfaatnya berupa hemat waktu, dan juga tenaga. Semakin canggihnya teknologi juga berhasil mengubah kebiasaan, dan juga sebagian tatanan kehidupan.

Aktivitas semacam belanja, adalah kegiatan yang memiliki banyak pengaruh besar. Apabila dulu tidak jarang masyarakat yang akan membeli barang yang berkualitas pergi ke super market, atau bahkan mall. Kini, meskipun ada, kegiatan semacam ini malahan terlihat berkurang intensitasnya.

Masyarakat di era saat ini hampir sebagian besar mengenal situs hingga aplikasi berbelanja online. Bahkan beberapa pemilik brand yang ada di mall sekalipun, saat ini bertambah banyak yang membuka toko di aplikasi berbelanja online. Toko-toko yang memiliki keterangan mall ini, malahan bisa dibilang cukup sering memberikan potongan harga. Mulai dari voucher yang dikeluarkan toko itu sendiri yaitu berupa potongan harga. Kemudian voucher dari aplikasi berbelanja, mulai dari voucher gratis ongkos kirim (ongkir) hingga cashback mulai dari 5 persen bahkan sampai 30 persen.

Baca Juga: Daftar Rating Acara TV Rabu 26 Juli 2023: Belum Masuk 15 Besar, Mahligai Untuk Cinta Ada di Peringkat Berapa?

Belanja online memang kerap kali menguntungkan dan memudahkan, namun tidak jarang juga yang menjadi korban dari proses belanja seperti ini.

Tips Anti Rugi Belanja Online

1.     Simak ulasan produk. Dari ini kamu bisa tahu apakah produk ini sesuai dengan yang ditawarkan atau tidak. Jangan lupa utamakan cek rating bintang 3, karena penilaian ini kerap kali apa adanya. Tidak seperti ulasan bintang satu yang terlalu menjelek-jelekkan, dan tidak seperti bintang lima yang memujinya sampai berlebihan. 

2.     Mengecek reputasi penjual, adalah cara untuk memastikan barang yang kamu pesan nanti benar-benar sesuai. Artinya ada atau tidak penipuan, dan barang asli atau palsu, bisa dilihat salah satunya dari rating penjualnya. Hal yang harus diperhatikan saat memilih toko adalah keaktifannya, sudah berdiri sejak berapa lama, hingga testimoni positif yang lebih banyak dari yang negatif.

3.     Hal yang mesti diingat selanjutnya, jangan terlalu mudah tergiur dengan harga barang yang murah. Dapat harga barang yang murah memanglah menguntungkan, namun jika selisih harga barang itu dengan umumnya terlampau jauh. Anda malahan patut menaruh rasa curiga, sebab bisa saja itu merupakan barang palsu.

Baca Juga: Pernah Tangani PSM Makassar, Testimoni Ezra Walian Soal Pelatih Baru Persib: Bojan Hodak Baik Dan Bagus

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x