5 Tips Sehat Atasi Sakit Mata Secara Alami, Salah Satunya Pake Sendok Logam

- 13 Agustus 2022, 13:11 WIB
Ilustrasi mata, sakit mata
Ilustrasi mata, sakit mata /Pixabay/Anemone123/
 
BERITA KBB - Cara untuk mengatasi gejala sakit mata salah satunya adalah dapat diatasi dengan membasuh mata dengan air putih bersih.

Gejala sakit mata biasanya timbul akibat terkena debu maupun kelelahan akibat sering beraktivitas di luar rumah. air putih yang bersih dapat dimanfaatkan untuk mencuci kotoran debu yang menempel di mata.

Namun ada juga beberapa hal lain yang menyebabkan mata menjadi sakit seperti, infeksi, menatap smartphone terlalu lama hingga kesalahan dalam penggunaan kacamata yang tidak sesuai.

Baca Juga: Link Live Streaming Persib Bandung vs PSIS Semarang Hari Ini DI BRI Liga 1 2022-2023,Live Di IndosiarDan Vidio

Mengutip dari beberapa sumber yang dirangkum, berikut ini merupakan beberapa cara alami untuk meringankan gejala sakit mata secara alami.

1. Kompres Air Dingin
Cara yang pertama ini adalah dengan mengompres mata dengan air dingin. seperti yang kita ketahui bahwa air dingin terutama air es dapat membuat efek baal pada tubuh, terutama untuk mata.

Untuk penggunaanya dapat meletakan handuk yang telah direndam air dingin setelah itu simpan di kelopak mata selama 3 hingga 10 menit.

Baca Juga: Profil dan Biodata Nigel Ng 'Uncle Robert' yang Jadi Tamu di Top 4 Junior MasterChef Indonesia Season 3

2. Mentimun
mentimun juga bermanfaat untuk meringankan gejala sakit mata yang merah. dengan adanya kandungan antiinflamasi didalamnya, mentimun dipercaya dapat dimanfaatkan.

Untuk proses penggunaanya yaitu dapat mengiris mentimun menjadi beberapa irisan. setelah itu irisan tersebut dimasukan kedalam kulkas. jika sudah dingin letakan di atas mata selama 30 menit.

3. Logam Sendok
Sendok dengan bahan logam dapat dimanfaatkan untuk meringankan
gejala sakit mata. cukup menyediakan 4 gelas air dingin dan 4 sendok logam.

Baca Juga: Bocoran Episode 17 dan 18 Drama Korea Alchemy Of Souls yang Tayang Pekan Depan

Kemudian kompres kedua kelopak mata dengan dua sendok logam. jika sendok yang dipakai sudah tidak dingin, maka ganti dengan kedua sendok berikutnya yang masih direndam air dingin.

4. Kompres Air Hangat
Tidak hanya air putih dingin, air hangat juga dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gejala sakit mata. biasanya penggunaan ini untuk mata yang pegal karena terlalu lama menatap layar Gadget.

Penggunaan menggunakan air hangat cukup mudah. hanya perlu menyediakan beberapa bahan sederhana seperti kapas kosmetik, gelas dan air hangat.

Rendah kapas tersebut kedalam air hangat, kemudian simpan di atas kelopak mata hingga sensasi hangatnya mulai berkurang. jika diperlukan ulangi langkah tersebut sampai mata terasa nyaman.

5. Menatap Objek Yang Jauh
Metode ini diperuntukan untuk seseorang yang sering mengalami sakit di belakang mata. biasanya karena faktor melihat objek yang dekat terlalu lama seperti menatap Smartphone selama berjam-jam.

Hal tersebut membuat otot mata kaku dan tidak lentur. dengan melihat objek yang jauh selama 10 menit, maka akan menggerakan otot mata menjadi lebih nyaman dan tidak kaku lagi.

Itulah 5 tips untuk mengatasi gejala sakit mata secara alami. dengan menjaga aktivitas mata secara teratur, secara perlahan tentu akan menghilangkan sensasi rasa sakit pada mata.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x