Korban Tewas Gempa Bumi Turki dan Suriah Dekati 22.000, AS Cabut Sementara Sanksi Suriah

- 10 Februari 2023, 21:32 WIB
Korban tewas gempa Turki-Suriah
Korban tewas gempa Turki-Suriah /

 

Berita KBB - Jumlah korban tewas akibat gempa bumi Turki dan Suriah per Jumat 10 Februari 2023 siang dilaporkan mencapai 21.719 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 18.342 korban di Turki, dengan penambahan sebanyak 668 korban, dan 3.377 korban tewas di Suriah.

Dikutip dari The Guardians, upaya penyelamatan masih berlangsung hingga hari kelima dalam kondisi cuaca dingin di tengah reruntuhan hampir sekira 3.000 bangunan di 7 provinsi Turki, termasuk rumah sakit umum.

Dari bangunan-bangunan yang runtuh, sebuah masjid terkenal di Provinsi Maltaya yang dibangun pada abad ke-13 roboh sebagian. Di wilayah yang sama, sebuah gedung 14 lantai dengan 28 apartemen yang ditinggali 92 orang juga runtuh.

Baca Juga: Resmi! Samsung S23 Series varian Ultra Mulai Rp20 Jutaan

Sekurang-kurangnya 28.044 orang telah dievakuasi dari Kahramanmaraş, salah satu provinsi di Turki selatan yang terdampak paling parah oleh gempa yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023 itu.

Badan Penanggulangan Bencana Turki merinci, dari jumlah tersebut, 23.437 dievakuasi lewat jalur udara dan 4.607 via jalur darat.

Selain itu, Badan Penanggulangan Bencana Turki juga menyebut, sejak terjadinya kedua gempa besar, jumlah gempa susulan yang terekam mencapai 650 kali.

Baca Juga: Prediksi Skor Manchester City vs Aston Villa di Premier League: H2H, Starting Line Up, Peluang Menang

Gempa susulan tersebut mempersulit pencarian korban yang terjebak di reruntuhan, karena resiko runtuhnya sisa-sisa bangunan. Regu penyelamat masih terus mengevakuasi korban-korban selamat yang terjebak di tengah reruntuhan selama berhari hari, termasuk seorang anak kecil perempuan yang terjebak selama tiga hari.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x