Mengenal Hewan-Hewan yang Hampir Punah di Hari Hewan Sedunia

- 3 Oktober 2023, 23:48 WIB
Mengenal Hewan-Hewan yang Hampir Punah di Hari Hewan Sedunia
Mengenal Hewan-Hewan yang Hampir Punah di Hari Hewan Sedunia /

 

BERITA KBB - Hari Hewan Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Oktober untuk meningkatkan kesadaran dan advokasi tentang perlindungan hewan di seluruh dunia. Salah satu isu penting yang berkaitan dengan kesejahteraan hewan adalah ancaman kepunahan yang dihadapi oleh banyak spesies akibat aktivitas manusia. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan yang hampir punah dan upaya-upaya yang dilakukan untuk menyelamatkannya.

 

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)

Badak Jawa adalah salah satu spesies badak paling langka di dunia, dengan populasi yang diperkirakan hanya sekitar 70 ekor yang hidup di Taman Nasional Ujung Kulon, Indonesia. Spesies ini terancam punah akibat perburuan liar, hilangnya habitat, penyakit, dan perubahan iklim. Upaya konservasi yang dilakukan antara lain adalah peningkatan pengawasan dan penegakan hukum, pemantauan populasi dan kesehatan badak, restorasi habitat, dan rencana pemindahan sebagian badak ke habitat baru.

 

Vaquita (Phocoena sinus)

Vaquita adalah spesies lumba-lumba terkecil di dunia, yang hanya ditemukan di Teluk California, Meksiko. Populasi vaquita telah menurun drastis akibat tertangkap jaring ikan ilegal yang ditujukan untuk menangkap totoaba, ikan lain yang juga terancam punah. Diperkirakan hanya tersisa sekitar 10 ekor vaquita di alam liar. Upaya konservasi yang dilakukan antara lain adalah pelarangan penangkapan ikan dengan jaring di habitat vaquita, peningkatan patroli dan penegakan hukum, penyelamatan dan rehabilitasi vaquita yang tertangkap, dan penelitian untuk meningkatkan pemahaman tentang biologi dan perilaku vaquita.

 Baca Juga: Hari Hewan Sedunia 2023: Mengapa Penting untuk Peduli dengan Hewan?

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x