Paus Fransiskus Mendoakan Korban dan Mendesak Dihentikannya Kekerasan di Israel dan Gaza

- 9 Oktober 2023, 20:44 WIB
Paus Fransiskus Mendoakan Korban dan Mendesak Dihentikannya Kekerasan di Israel dan Gaza
Paus Fransiskus Mendoakan Korban dan Mendesak Dihentikannya Kekerasan di Israel dan Gaza /

 

BERITA KBB - Pemimpin Gereja Katolik dunia, Paus Fransiskus, mengungkapkan keprihatinan dan kesedihannya atas eskalasi kekerasan di Israel dan Gaza, yang telah menewaskan ratusan orang, termasuk anak-anak. Dalam pidato mingguannya di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, pada hari Minggu, 8 Oktober 2023, Paus Fransiskus menyatakan solidaritasnya dengan keluarga korban dan mendoakan semua orang yang mengalami saat-saat penuh teror dan kesedihan.

 

Paus Fransiskus juga menyerukan diakhirinya serangan dan senjata, karena harus dipahami bahwa terorisme dan perang tidak membawa solusi, melainkan hanya kematian dan penderitaan bagi banyak orang yang tidak bersalah. “Perang adalah kekalahan. Semua perang adalah kekalahan. Mari kita berdoa untuk perdamaian di Israel dan Palestina,” ujarnya.

 

Seruan Paus Fransiskus ini datang di tengah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Hamas, kelompok militan Palestina yang menguasai Jalur Gaza. Sejak Sabtu, 7 Oktober 2023, Hamas telah meluncurkan ribuan roket ke wilayah Israel, sebagai balasan atas pembunuhan seorang komandan militernya oleh pasukan Israel. Israel pun membalas dengan melakukan serangan udara ke Gaza, menghancurkan gedung-gedung, terowongan, masjid, dan rumah pejabat Hamas.

 Baca Juga: Brighton vs Liverpool: Salah Cetak Dua Gol, Tapi The Reds Gagal Menang

Konflik antara Israel dan Palestina memanas sejak awal Oktober 2023, ketika kelompok militan Hamas menembakkan ribuan roket ke wilayah Israel sebagai balasan atas penindasan Israel terhadap warga Palestina di Yerusalem Timur. Israel pun melakukan serangan balasan dengan menggempur Jalur Gaza, tempat Hamas bermarkas, dengan serangan udara dan artileri.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x