Hari Wanita Pedesaan Sedunia 15 Oktober, Perempuan Desa Adalah Kunci Melawan Kemiskinan dan Kelaparan

- 14 Oktober 2023, 17:12 WIB
Berikut peran penting kaum perempuan di desa yang harus diketahui dalam rangka Hari Wanita Pedesaan Sedunia 15 Oktober.
Berikut peran penting kaum perempuan di desa yang harus diketahui dalam rangka Hari Wanita Pedesaan Sedunia 15 Oktober. /Pixabay.com/masbebe

 

 

Berita KBB - Meskipun tinggal terpisah dari perkotaan dengan segala hiruk-pikuk dan modernisasinya, wanita pedesaan punya peranan penting dalam sektor pertanian dan pangan. Hal ini mengilhami diperingatinya Hari Wanita Pedesaan Sedunia setiap tanggal 15 Oktober.

 

Dikutip dari laman National Today, Hari Wanita Pedesaan Sedunia digagas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menghargai jerih payah kaum perempuan di pedesaan dan mengangkat kesejahteraan mereka.

 

Hari Wanita Pedesaan Sedunia pertama kali dicanangkan pada tahun 1995 dalam Konferensi Wanita Sedunia Keempat di Beijing, Cina. Agenda tersebut secara spesifik mengangkat pemberdayaan dan penghargaan terhadap wanita, terutama yang tinggal di pedesaan.

Baca Juga: Hari Hak Asasi Binatang 15 Oktober: 20 Poin Penting Hak Asasi Binatang yang Perlu Diketahui Pecinta Hewan

Untuk menghargai kontribusi perempuan desa di bidang pertanian, produksi dan keselamatan pangan, maka tanggal 15 Oktober ditetapkan sebagai Hari Wanita Pedesaan Sedunia untuk mendampingi Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x