Hari Hak Asasi Binatang 15 Oktober: 20 Poin Penting Hak Asasi Binatang yang Perlu Diketahui Pecinta Hewan

- 14 Oktober 2023, 16:16 WIB
Hari Hak Asasi Binatang 15 Oktober: 20 Poin Penting Hak Asasi Binatang yang Perlu Diketahui Pecinta Hewan
Hari Hak Asasi Binatang 15 Oktober: 20 Poin Penting Hak Asasi Binatang yang Perlu Diketahui Pecinta Hewan /
 

Berita KBB - 15 Oktober setiap tahun diperingati oleh seluruh dunia sebagi Hari Hak Asasi Binatang. Tanggal ini diambil dari hari disahkannya Deklarasi Universal Hak Asasi Binatang (The Universal Declaration of Animal Rights) di kantor pusat UNESCO, Paris, Prancis, 15 Oktober 1978.


Dikutip dari laman UNESCO, Deklarasi Universal Hak Asasi Binatang menegaskan bahwa seluruh hewan memiliki hak. Pelanggaran atas hak asasi ini masih terus terjadi dan menyebabkan banyaknya kejahatan manusia terhadap binatang dan juga alam.


Kejahatan manusia terhadap binatang ini, salah satunya berupa genosida atau pembantaian besar-besaran, yang masih terus terjadi hingga saat ini.

 

Baca Juga: Link Nonton Masterchef Indonesia Season 11 dan Siaran Ulang TikTok Awards Indonesia di RCTI 14 Oktober 2023


Menurut pembukaan deklarasi tersebut, dengan pahamnya manusia akan hak asasi binatang, maka kedua makhluk yang mendominasi Bumi ini akan bisa hidup dengan damai. Rasa menghargai binatang juga erat kaitannya dengan menghargai sesama manusia, dan hal ini perlu ditanamkan sejak usia dini.


Berikut ini rangkuman poin-poin penting dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Binatang yang mengatur dan menjamin perlindungan hidup bagi seluruh jenis hewan di dunia.


  1. Semua binatang dilahirkan dengan klaim atas kehidupan yang setara dan memiliki hak yang sama untuk hidup.

  2. Manusia sebagai sebuah spesies tidak memiliki hak untuk menghabisi atau mengeksploitasi binatang lain. Tugas manusia adalah mensejahterakan hewan dengan pengetahuannya.

  3. Semua binatang memiliki hak atas perhatian, perlindungan dan kepedulian dari manusia.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: UNESCO


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x