Resmikan Pusat Budaya Pagerageung, Ridwan Kamil Harap Lahir Kebudayaan Membanggakan

- 8 Februari 2022, 12:28 WIB
 Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Pusat Budaya Pagerageung tahap pertama di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (6/2/2022).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Pusat Budaya Pagerageung tahap pertama di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (6/2/2022). / Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Pusat Budaya Pagerageung tahap pertama di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (6/2/2022).

Pusat budaya ini sebagai bentuk komitmen Pemda Provinsi Jabar melestarikan kebudayaan di kawasan Tasikmalaya dan sekitarnya.

Ridwan Kamil berharap pusat budaya ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Sebab, ia berharap lahir karya-karya kesenian dan kebudayaan yang membanggakan dari pusat budaya ini.

Baca Juga: Kota Budaya dan Agama, Pemkot Bandung Dukung Dakwah Berbasis Bahasa Sunda

"Di kesempatan ini saya meresmikan tahap satu dari sebuah pusat budaya dari Kabupaten Tasikmalaya di kawasan Pagerageung. Mudah-mudahan dari sini lahir karya-karya kebudayaan, karya-karya kesenian yang membanggakan dari Jawa Barat melalui fasilitas seperti ini," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mempersilahkan masyarakat memanfaatkan pusat budaya ini, baik untuk tempat riset, ekspresi, maupun pameran. Sehingga bangunan ini tidak menjadi monumen semata.

Selain itu, kata Kang Emil  Pagerageung merupakan tempat yang bersejarah. Sejak zaman kerajaan Mataram, penjajahan atau kolonial hingga perjalanan negara Indonesia sejak merdeka selalu mengisi dan mewarnai tempat ini.

Baca Juga: Kunjungan Lapangan Virtual SMPIT Ummul Quro Depok ke Sekolah Republik Indonesia Tokyo: Belajar Budaya Jepang

"Tempat ini sangat bersejarah dari zaman kerajaan Mataram, zaman kolonial, sampai sejarah republik mengisi mewarnai tempat yang istimewa ini," kata Kang Emil.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Jawa Barat Boy Iman Nugraha mengatakan, Pusat Budaya Pagerageung merupakan ruang interaksi para budayawan dan pelaku budaya untuk mengembangkan potensinya. Sehingga komitmen Pemda Provinsi Jabar melestarikan budaya Jabar bisa tercapai.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x