BUMDes Mau Berkembang? Kuatkan Dua Faktor Ini!

- 31 Agustus 2022, 11:40 WIB
Tim Pusat Studi Manajemen dan Bisnis (LMFEB) Unpad melakukan pendampingan intensif kepada Pengelola BUMDes Perkasa dan Aparat Desa Sindangsuka, Kabupaten Garut, belum lama ini.
Tim Pusat Studi Manajemen dan Bisnis (LMFEB) Unpad melakukan pendampingan intensif kepada Pengelola BUMDes Perkasa dan Aparat Desa Sindangsuka, Kabupaten Garut, belum lama ini. /Istimewa/

BERITA KBB - Penguatan aspek digitalisasi dan kolaborasi menjadi dua titik krusial dalam pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Terutama dalam upaya mengoptimalkan peran BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa.

Akademisi dari Pusat Studi Manajemen dan Bisnis (LMFEB) Unpad Deru Andika menuturkan penguasaan dari sisi digital masih menjadi tantangan yang dihadapi para pengelola BUMDes.

Meski sudah memahami pentingnya, misalnya pemasaran digital, keberadaan sosial media, serta keberadaan website namun secara umum penguasaan dari aspek tersebut masih harus ditingkatkan.

Baca Juga: Membantu pengembangan Destinasi Wisata, Mahasiswa FE Unida melaksanakan kegiatan KKN di Desa Wates Jaya

Ia mencontohkan, sejumlah BUMDes telah memiliki akun media sosial ataupun e-commerce untuk memasarkan produknya.

Namun demikian, pengelolaannya belum dilakukan secara optimal padahal hal tersebut penting untuk memperluas jangkauan pasar.

“Kami memahami ada kesenjangan disini. Oleh karena itulah, dibutuhkan peran aktif dari perguruan tinggi untuk membimbing BUMDes dalam memahami teknologi dan memanfaatkan perkembangan teknologi demi kemajuan desanya,” kata Deru disela kegiatan pendampingan intensif bagi tiga desa terbaik pada Program Deepening Desa BRIlian di Jawa Barat, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Dorong Kepala Desa Melek Digital

Program Deepening Desa BRILian merupakan wujud keberpihakan BRI terhadap perekonomian desa. Di Jabar, program tersebut dikolaborasikan dengan Unpad untuk membantu meningkatkan softskills maupun hardskills pemangku kepentingan ekonomi di desa.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x