Jawa Barat Bakal Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Cek Harinya dan Daftar Wilayah Lain yang Terdampak

- 16 Mei 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi  Waspada Banjir dan Cuaca Ekstrem di Indonesia Hari Ini/ pixabay.com/PublicDomainPictures
Ilustrasi Waspada Banjir dan Cuaca Ekstrem di Indonesia Hari Ini/ pixabay.com/PublicDomainPictures /
 

Berita KBB - Cuaca ekstrem sepekan ke depan diprediksi landa sebagian besar wilayah Indonesia. Selama periode itu Jawa Barat menjadi salah satu wilayah yang diprediksi terdampak potensi cuaca hujan lebat dan angin puting beliung.

Menurut laporan peringatan dini BMKG, pada sepekan ke depan, cuaca akan dominan berawan sepanjang hari dengan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi pada siang dan malam hari di sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua

Kondisi cuaca ekstrem sepekan ke depan dipengaruhi sirkulasi siklonik di Laut Arafuru dan di Samudra Pasifik utara Papua, yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin di sekitar wilayah tersebut.

Baca Juga: Daftar Pemain Ftv Sctv Selasa 16 Mei 2023 'Kelar Wiss Udah Langsung Dilamar Kamu

Diberitakan sebelumnya, daerah perlambatan angin lainnya juga terlihat di sepanjang Sumatra Selatan hingga Sumatra Barat, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara.


Selain itu, daerah pertemuan angin terpantau di Samudra Hindia barat Sumatra, dan di Samudra Pasifik Timur Filipina. Adanya sirkulasi siklonik yang membentuk perlambatan dan pertemuan angin itu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut.


Bagaimanakah potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan di Indonesia dan Jawa Barat khususnya? Berikut ini daftar wilayah yang diprediksi dilanda cuaca ekstrem pada Selasa 16 Mei 2023 hingga 22 Mei 2023.


Selasa 16 Mei 2023 – Rabu 17 Mei 2023

Wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem pada periode ini yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah,Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.


Kamis 18 Mei 2023 – Jumat 19 Mei 2023

Cuaca ekstrem pada periode ini berpotensi terjadi di wilayah Riau, Jambi, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x