Ada Apa di Sepertiga Malam? Simak Penjelasannya!

- 6 Juni 2022, 07:54 WIB
Suasana sepertiga malam
Suasana sepertiga malam /al Islam/Al Islam
 
 
BERITA KBB - Sepertiga malam, hal yang sudah pasti sering didengan oleh kaum muslim. Dimana sepertinya malam itu ketika lepas tengah malam hingga masuknya waktu subuh. 
 
Ketika kita akam mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam, insya Allah doanya akan diijabah oleh Allah SWT. Hal itu pun dijelaskan oleh hadits dari HR. Muslim.
 
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah SAW bersabda, “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim)
 
 
Dahsyat nya beribadah dan berdoa di sepertiga malam disampaikan Allah SWT dalam Al - Qur'an surat Al Isra :
 
“Dan pada sebagian malam hari, shalat tahajud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra’: 79)
 
Dan Rosululloh SAW bersabda.
Rasulullah SAW bersabda, “Allah tabaaraka wata’ala turun setiap malam ke langit bumi, ketika malam tersisa sepertiga terakhir. Ia berkata, “Adakah yang memohon kepada-Ku agar Aku kabulkan, adakah yang meminta kepada-Ku agar Aku berikan, adakah yang memohon ampun agar Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
 
Ternyata sumber penghidupan bukan hanya terdapat di siang hari tapi sumber penghidupan ada juga pada sepertiga malam.
 
Hal itu dikarenakan miniatur siang hari ada pada doa di sepertiga malam, yang notabennya saat-saat doa di ijabah sama Alloh SWT.
 
Dilansir dari berbagai sumber, Para ulama berpendapat dengan sumber dalil-dalil yang tidak di ragukan lagi. Ada Lima jaminan dari Allah SWT untuk orang yang melakukan solat malam atau tahajud yaitu :
1.Allah SWT akan angkat karirnya di tempat yang terbaik  menurut Allah SWT dan mahluk-nya
2. Allah SWT akan memberikan kemudahan semua aktivitasnya yang di lakukan
3.Allah SWT akan membimbingnya mendapatkan solusi terbaik pada setiap masalah yang di hadapinya
4.Allah SWT akan melindunginya dari aktivitas  orang yg berniat dholim pada dirinya
5.Allah SWT akan memberi rezeki  yang penuh dengan keberkahan
 
Hal tersebut seperti apa yang disampaikan oleh Nabi kita Nabi Muhammad
 
Rasulullah SAW bersabda : Bahwa kemuliaan seseorang bukan pada jabatan, harta atau yang lainya, tapi kemuliaan seseorang ada pada solat malam atau tahajudnya.
 
Kenapa Rosulullah bersabda demikian, karena orang yang solat malam atau tahajud , telah melibatkan dirinya dengan sang pencipta terlebih dahulu sebelum dengan mahluknya.
 
Jika malam hari dibagi menjadi tiga, maka terhitung sejak selesai salat Isya hingga  pukul 23.00 WIB, kemudian sepertiga malam kedua mulai pukul 11 malam hingga pukul 2 pagi. 
 
Sedangkan dan sepertiga malam terakhir adalah pukul 2 hingga terbit fajar atau menjelang subuh.
 
Lalu, bagaimana caranya agar bisa bangun di sepertiga malam? 
 
 Ada 5 tips mudah bangun di sepertiga malam, yaitu: 
1. Saat akan tidur niatkan untuk bangun malam hari. Dengan niat yang baik, Allah akan membantu “membangunkan” di sepertiga malam. 
 
2 Hindari begadang saat malam. Begadang akan “memotong” waktu istirahat dan akan membuat susah bangun karena waktu tidur belum cukup. 
 
3 Perhatikan posisi tidur. Usahakan tidur dengan posisi miring ke kanan. Ini merupakan salah satu posisi tidur yang baik untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 
 
4 Asupan air putih sebelum dan sesudah tidur. Air putih yang baik memiliki kandungan oksigen dalam mineral yang baik bagi tubuh. Selain mampu memperbaiki kulitas tidur, air putih juga akan membuat lebih bugar saat bangun tidur. 
 
5 Disiplin dan Konsisten. Jika sudah terbiasa bangun sepertiga malam. 
sebaiknya jangan melewatkan jadwal tersebut meski hanya sekali. 
 
Disiplin dan konsisten dengan jadwal akan membuat tubuh mudah bangun di jam-jam tersebut untuk menunaikan salat tahajud dengan rutin.***
 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x