Keutamaaan Puasa Senin Kamis, Apa Yang Kalian Ketahui?

- 4 Juni 2022, 10:31 WIB
Puasa Senin Kamis dan keutamaan-keutamaannya
Puasa Senin Kamis dan keutamaan-keutamaannya /Pixabay//
 
 
BERITA KBB - Untuk umat muslim, puasa senin kamis merupakan hal yang dianjurkan untuk dikerjakan.
 
Puasa senin kamis ini memang tergolong puasa sunnah, dimana puasa yang apabila dilaksanakan seorang muslim mendapatkan pahala, tetapi apabila tidak melaksanakan juga tidak berdampak apa - apa.
 
Namun, banyak sekali keistimewaan dan manfaat dalam melaksanakan puasa tersebut.
 
 
Hal itu dikarenakan pahala dari orang berpuasa diberikan ganjaran secara langsung oleh Allah.  
 
Seperti hadist yang disampaikan oleh HR.
 
Muslim " Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat.
 
 
Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. 
 
Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.
 
Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya.
 
Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi."
 
Keutamaan puasa ini juga dijelaskan dalam hadist - hadist sahih Rasulullah SAW, salah satunya ialah amalan puasa akan dibalas langsung oleh Allah Ta'ala, seperti yang disampaikan 
 
Dalam riwayat Ahmad dikatakan:
 
قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ
 
Artinya: "Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang artinya), 'Setiap amalan adalah sebagai kafarah/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya'." (HR Ahmad. Syekh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadis ini shahih sesuai syarat Muslim)
 
Manfaat bagi orang yang menjalankan puasa hari Senin dan Kamis juga agar dapat menangkal dari segala bentuk godaan setan untuk membangkitkan hawa nafsu.
 
Karena pada saat melaksanakan puasa seorang muslim dan muslimah diwajibkan untuk menahan segala hal yang dapat menyebabkan membatalkan puasa tersebut.
 
Melihat itu selain menambah pahala, menangkal dari hal yang tidak baik, dan menahan hawa nafsu, puasa Senin Kamis dapat juga memberikan rasa syukur atas semua rezeki yang telah Allah SWT berima kepada kita selaku hambanya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x