Pentingnya Toleransi Dalam Agama Islam, Simak PenjelasNya!

- 15 Juni 2022, 13:50 WIB
pentingnya toleransi dalam agama islam
pentingnya toleransi dalam agama islam //pexels.com/Quang Nguyen V/
 
 
BERITA KBB - Toleransi mempunyai banyak makna sesuai penempatannya. Arti toleransi sendiri menurut islam ialah sikap saling menghargai dan menghormati akan pendapat orang lain. Dalam islam, toleransi berlaku bagi semua orang, baik itu sesama muslim maupun non-muslim.
 
Islam selalu menawarkan dialog dan toleransi dalam bentuk saling menghormati bukan memaksa. Islam menyadari bahwa keragaman umat manusia dalam beragama adalah kehendak Allah Swt. 
 
Dalam agama Islam itu sendiri, toleransi ada sebutan lainnya yaitu tasamuh.
 
 
Tasamuh atau tasahul memiliki arti kemudahan. Dengan demikian dapat diartikan bahwa agama Islam memberikan kemudahan bagi siapapun untuk menjalankan apa yang telah diyakini sesuai dengan ajaran masing-masing tanpa adanya tekanan atau tidak mengusik kepercayaan yang telah dijalani orang lain.
 
Lalu, dalam konteks masyarakat maupun agama, arti toleransi ialah melarang adanya perbuatan yang saling menyela satu sama lain, diskriminasi terhadap perbedaan yang ada.
 
Oleh karena itu, dalam toleransi beragama, masyarakat mengizinkan keberadaan agama-agama lainnya. Dalam agama Islam ini sendiri, konsep tasamuh mengandung konsep rahmatan lil alamin.
 
 
Itulah mengapa didalam islam sangat penting kata toleransi ini terjalankan, karena dengan kita bisa menerapkan hal tersebut, akan menghindari perpecahbelahan, musuhan, dan hal yang tercela lainnya.
 
Agama Islam sangatlah menjunjung tinggi akan nilai-nilai toleransi. Oleh sebab itu, setiap umat muslim wajib memiliki sikap toleran kepada umat agama lainnya. 
 
Dilansir diberbagai sumber, adapun bentuk toleransi yang diajarkan dalam agama Islam ialah diantarnya sebagai dua hal berikut :
 
 
1. Berbuat adil pada siapapun
Ibnu Katsir Rahimullah pernah berkata mengenai hukum meremehkan atau merendahkan umat non muslim, Allah tidak melarang kalian untuk berbuat baik kepada non muslim yang tidak memerangi kalian seperti halnya melakukan perbuatan baik kepada wanita serta orang-orang yang lemah di antara mereka.
 
Oleh karena itu hendaklah berbuat baik dan berlaku adil karena sesungguhnya Allah SWT menyukai orang-orang yang berbuat adil.
 
2. Menghormati prinsip agama masing-masing
 
Dalam surah Al Kafirun yang memiliki arti “Untukmu agamamu, dan untukku agamaku”, kita dapat mengambil kesimpulan jika Islam selalu mengajarkan kita untuk bertoleransi pada setiap agama apapun.
 
Selain itu, toleransi pun tentunya memiliki banyak manfaatnya, manfaat yang bisa didapatkan dari toleransi sendiri antar umat beragama di antaranya adalah :
 
1. Dapat terhindar dari adanya perpecahan antar umat beragama
 
Setiap orang sudah sepatutnya untuk menanamkan di dalam dirinya sifat toleran, serta menerapkannya di dalam kehidupan bersosial masyarakat, terutama di daerah yang di dalamnya terdapat berbagai jenis kepercayaan atau agama.
 
Sikap toleransi antar umat beragama merupakan salah satu solusi untuk mengatasi terjadinya perpecahan di antara umat  dalam mengamalkan agamanya.
 
2. Dapat mempererat tali silaturahmi
 
Manfaat toleransi antar umat beragama berikutnya adalah terjalinnya tali silaturahmi. 
 
Menumbuhkan kesadaran dalam diri masing-masing orang tentang pentingnya rasa saling menghormati dan menghargai guna terlainnya silaturahmi yang baik dan bahkan erat.
 
3. Terciptanya ketentraman dalah hidup bermasyarakat
 
Dengan adanya sikap toleransi yang sudah tertanam membuat perbedaan yang ada disekitar kita bukan suatu hal yang patut dipermasalahkan. Hal itu yang menciptakan adanya suasana yang aman, tentram dan damai dengan masyarakat yang lainnya. 
 
Tidak akan ada sikap saling mengejek, mengolok, menghina, serta merendahkan karena perbedaan yang ada.
 
Itulah pentingnya toleransi dalam agama islam, semoga bermanfaat.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x